Beni Ingatkan Petugas Lapas Tidak Lakukan Pungli

41
Kepala Lapas Kelas II B Kotaagung Beni Nurrahman menandatangani komitmen bersama menuju WBK & WBBM disaksikan seluruh petugas Lapas Kotagagung, Rabu (25/1) Foto Rio

KOTAAGUNG–Kepala Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas II B Kotaagung Beni Nurrahman mengintruksikan kepada seluruh jajarannya untuk memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat khususnya bagi warga binaan pemasyarakatan (WBP).

Hal itu diungkapkan Beni saat Pencanangan Zona Integritas Menuju Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM) dan penandatangan komitmen bersama Lapas Kelas II B Kotaagung, yang dipusatkan di Aula Lapas Kotaagung,Rabu (25/1).

Menurut Beni, pelayanan yang baik itu salah satu contohnya adalah tidak melakukan praktik pungutan liar (Pungli) terhadap segala pelayanan yang diberikan seperti pungli remisi, cuti bebas,pembebasan bersyarat dan lain sebagainya serta selalu memberikan pelayanan prima bagi masyarakat.

“Pencanangan zona integritas (ZI) ini sepatutnya memang harus dilaksanakan. Bebas dari praktik pungli tidak harus menunggu ZI tetapi sejak dulu memang harus bersih dari lingkungan lapas maupun rutan. Inti ZI menciptakan pelayanan kepada masyarakat umumnya dan pembinaan WBP khususnya dan ini harus lebih baik dari hari kehari tanpa ada komplaint dari masyarakat,”kata dia.

Untuk mencegah adanya praktik pungli di Lapas Kotaagung, terus Beni, pihaknya telah membentuk tim pengawas internal yang diberi nama Satuan Operasional Kepatuhan Internal (Satopspatnal). Dirinya juga meminta peran pers untuk ikut mengawasi sebagai bagian dari kontrol sosial masyarakat.

“Satopspatnal ini untuk mengawasi perilaku petugas mulai dari hal berpakaian kedisiplinan waktu sehingga petugas bekerja dengan baik. Kami juga mohon bantuan rekan media, kalau ada informasi silahkan laporkan, jangankan pungli, pelayanan tidak baik kepada masyarakat langsung kami perbaiki,”tegas kalapas.

Beni juga berpesan kepada seluruh petugas Lapas Kotaagung untuk merubah mindset (pola pikir) bahwa yang tadinya dilayani menjadi melayani.

“Untuk seluruh petugas, penandatanganan ini bukan hanya sekadar hitam diatas putih saja, saya berharap petugas lapas bersama sama merubah mindset sebagai pelayanan. Laksanakan kerja cerdas, kerja ikhlas dan kerja tuntas.WBK dan WBBM adalah anugerah apabila bisa kita dapatkan,”pungkas Beni.

Usai melakukan penandatanganan, Kalapas Kotaagung, Beni Nurrahman bersama wartawan melakukan panen sayuran kangkung dan terong yang ditanam oleh warga binaan di kebun Lapas Kotaagung.(ral)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here