Anggaran Program BSPS Tahun Ini “Mak” Jelas

115

PRINGSEWU – Program Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) atau yang dikenal dengan sebutan Bedah rumah untuk kabupaten Pringsewu tahun 2023 hingga saat ini tak ada kepastian alias belum jelas anggarannya.

“Ditahun ini tidak ada bantuan bedah rumah dari kementerian. Tetapi, kita tidak tahu juga kalau nanti ada perubahan bantuan bedah rumah di pertengahan tahun, ungkap Staf Bidang Perumahan, Abi Mayu didampingi Kabid Tata Ruang dan Pemukiman Dinas PUPR, Otten kepada Radar Tanggamus belum lama ini.

Menurut dia, bahwa pada tahun 2022 lalu Kabupaten Pringsewu mendapatkan program BSPS 50 rumah tidak layak huni yang tersebar di pekon Pagelaran Kecamatan Pagelaran 25 unit dan Pekon Wonodadi kecamatan Gadingrejo 25 unit. “Satu unit mendapat bantuan Rp50 juta ini bersumber dari dana sharing DAK senilai Rp20 juta dan APBD Rp 30 juta. Dimana dalam pelaksanaan diperlukan partisipasi dari swadaya masyarakat, “kata dia.

Dijelaskan Abi Mayu, bahwa kemungkinan program BSPS di tahun 2024 mendatang.
“Sehingganya bagi yang ingin mendapatkan program ini harus berdasarkan usulan dari Pekon. Untuk persyaratan seperti tanah milik sendiri maupun hibah, Ada rumah bukan tanah kosong dan sudah menikah, ” Pungkasnya. (Mul/Zep)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here