Kompas IPTEK Diikuti 41 Peserta

148

radartanggamus.co.id–Produksi glukoman porang sampai perancang mixer pengaduk sabun menjadi salah satu karya yang ditampilkan dalam Kompetisi Inovasi dan Iptek (KOMPAS IPTEK) Tahun 2022 yang digelar Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Pringsewu.

Sekretaris Bappeda Ivan Kurniawan, S.T menjelaskan, kompetisi diikuti 41 perserta sesuai kategori yaitu pelajar,umum, perangkat daerah dan perangkat desa.”Kompetisi dengan tema, berinovasi dengan memberdayakan potensi untuk membangkitkan ekonomi, menghadirkan lima juri dari berbagai unsur, Nur Aminudin, M.T.I Universitas Aisyah Pringsewu, Budi Santoso, Khoirul Anwar, Dwi Hartadi dan Ivan Kurniawan, S.T,” ungkapnya

Tujuan kompetisi tersebut menurut Kepala Bappeda Kabupaten Pringsewu Akhmad Fadoli, M.Si untuk mendorong inovasi ekonomi yang dibangun atas dasar iptek dan bernilai tambah tinggi. Agar terbentuk budaya kreatif sekaligus memberikan penghargaan kepada masyarakat Pringsewu baik secara individu maupun kelompok yang telah mampu menjadi penggali, penemu atau pengembang di bidang Iptek yang hasil karyanya memajukan teknologi terapan, teruji dan terbukti kemanfaatannya dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

“Intinya, tujuan yang hendak dicapai adalah memilih kreativitas dan inovasi teknologi terbaik dan memberikan fasilitas teknologi temuan masyarakat untuk dimanfaatkan optimal,” ungkapnya.

Selain itu juga dapat memberikan manfaat ekonomi dan sosial bagi masyarakat. Manfaat ekonominya adalah meningkatkan efisiensi dan produktivitas, meningkatkan pendapatan, menciptakan lapangan kerja baru, dan menggerakkan sektor-sektor ekonomi yang lain.

Sedangkan manfaat sosialnya adalah menggerakkan perubahan perilaku sosial di masyarakat untuk menjadi suatu masyarakat yang memiliki keunggulan kompetitif, yaitu produktif dan bijak dalam pemanfaatan sumberdaya ekonomi lokal.
“Dalam lomba Inovasi Karya Iptek ini, peran Pemerintah melalui Bappeda adalah menjadi pendorong tumbuhnya inovator dan technopreneur baru di Kabupaten Pringsewu,” tegas Akhmad Fadoli.

Sementara itu Staf Ahli Bupati Pringsewu Bidang Ekonomi Drs. Samsir Kasim, M. Pd.I mewakili Pj bupati Adi Erlansyah membuja kegiatan yang berlangsung di Aula Balai Pertemuan Kampung BW Pekon Podosari, Pringsewu, Rabu (16/11).

“Dengan diadakannya kegiatan ini dapat menumbuh kembangkan kompetisi inovasi serta ilmu pengetahuan dan teknologi yang membuat kesadaran dan mendorong masyarakat, pelajar dan mahasiswa serta perangkat desa/pekon untuk berkreasi dan berinovasi dengan memanfaatkan potensi serta sumberdaya yang tersedia guna memudahkan umat manusia melalui teknologi tepat guna,”kata dia.(sag)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here