Cegah Banjir, Sungai Sedayu Dinormalisasi dan Bronjong

181

SEMAKA – Guna mencegah terjadinya banjir akibat tanggul jebol dan luapan sungai, Pemerintah Provinsi Lampung menormalisasi dan membronjong tanggul Sungai (Way) Sedayu di Pekon Sedayu, Kecamatan Semaka.

Kepala Pekon Sedayu Sadi Fredianto mengatakan, normalisasi aliran sungai Way Sedayu dilakukan sepanjang 1.200 meter, disertai pembangunan bronjong dengan tinggi sekitar 6 tingkat.

“Normalisasi dan bronjong ini dilakukan oleh Pemerintah Provinsi,” katanya.

Saat ini normalisasi sungai Way Sedayu sudah dilaksanakan, sedangkan pembronjongan tanggul sungai masih dalam tahap pekerjaan.

Menurutnya, sebelum adanya normalisasi dan pembronjongan tanggul, masyarakat yang tinggal di sekitar aliran sungai Way Sedayu khawatir dengan musibah banjir. Sebab, tanggul sungai kian tergerus dan menipis, ditambah lagi dengan kondisi sungai yang sudah dangkal sehingga jika hujan deras volume air di sungai cepat bertambah.

Namun dengan adanya pembronjongan serta normalisasi aliran sungai ini, Sadi Fredianto mengaku bersyukur, karena masyarakat yang tinggal disekitar sungai saat ini tidak terlalu khawatir lagi dengan musibah banjir akibat tanggul jebol.

“Alhamdulillah, kami ucapkan terimakasih kepada pemerintah karena telah merealisasikan harapan masyarakat Pekon Sedayu. Tentunya bantuan normalisasi dan pembronjongan ini sangat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat,” ungkapnya. (Uji)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here