TMMD Ke 115 Berakhir, Danrem Apresiasi Satgas

178
Resmikan Nama Jalan: Bupati Tanggamus Hj Dewi Handajani, didampingi Danrem 043 Garuda Hitam Brigjen TNI Ruslan Effendy, Dandim 0424 Tanggamus Letkol Arm. Micha Arruan, Wakil Ketua II DPRD Tanggamus Tedi Kurniawan meresmikan nama jalan hasil program TMMD ke 115 di Pekon Sinar Jawa. Foto Hanibal Batman

Over Target, Satgas TMMD Buka
Jalan 450 meter

AIRNANINGAN–Kegiatan Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-115 resmi ditutup. Upacara penutupan berlangsung di lapangan Pekon Airnaningan, Kecamatan Airnaningan, Rabu (9/11). Bertindak sebagai inspektur upacara Komandan Resort Militer (Danrem) 043 Garuda Hitam Brigjen TNI Ruslan Effendy.

Turut serta dalam kegiatan upacara penutupan, Bupati Tanggamus Hj. Dewi Handajani,Wabup Tanggamus Hi. AM. Syafii,
Kasiter Kasrem 043/Gatam Kolonel Inf Rissa Wilsi, Dandim 0424/ Tanggamus Letkol Arm. Micha Arruan, Wakapolres Tanggamus Kompol Ali Muhaidori, Wakil Ketua II DPRD Tedi Kurniawan, perwakilan Kejari Tanggamus, OPD, camat dan kepala pekon.

Danrem 043 Garuda Hitam Brigjen TNI Ruslan Effendy mewakili Pangdam II/Sriwijaya Mayjen TNI Hilman Hadi menyampaikan, upacara penutupan sekaligus menandai berkahirnya program TMMD ke 115 yang dilaksanakan serentak di lima kabupaten di Wilyah Kodam II/SWJ. TMMD yang diprogramkan tiga kali dalam setahun menurut Danrem merupakan wujud pengabdian TNI bersama kementerian dan lembaga lainnya untuk mempercepat pembangunan di daerah demi tercapainya kesejahteraan masyarakat.

“Kita patut bersyukur dan berbangga bahwa kegiatan program TMMD di wilayah Sumatera Selatan, dari tahun ke tahun menunjukan hasil yang memuaskan dan semakin dirasakan manfaatnya oleh masyarakat,”kata Danrem.

Masih menurut Danrem, berbagai hasil pembangunan sarana fisik dan non fisik telah mendorong perkembangan yang signifikan di desa, sehingga dapat mewujudkan kemandirian dan ketahanan wilayah yang tangguh. Maka daripada itu lanjutnya ia berharap mekanisme pembangunan daerah melalui model program TMMD dapat terus dipelihara dan dijadikan salah satu modal dasar, masyarakat dalam melaksanakan pembangunan khususnya di wilayah pedesaan.

“Dengan telah, berakhirnya TMMD ini saya berpesan, khususnya kepada anggota Satgas TMMD dan masyarakat, pertahankan semangat kebersamaan dan kemanunggalan antara TNI-Rakyat dengan selalu hadir ditengah masyarakat untuk membantu mengatasi permasalahan yang dihadapi; tingkatkan semangat gotong royong yang merupakan salah satu nilai luhur bangsa Indonesia; kepada masyarakat yang menjadi sasaran TMMS agar hasil yang telah dicapai dapat dipelihara dijaga dan dimanfaatkan dengan sebaik baiknya, laksanakan evaluasi secara menyeluruh terhadap pelaksanaan TMMD ke 115 sebagai bahan perbaikan TMMD mendatang, serta kepada prajurit yang tergabung dalam satgas TMMD saya ucapakan terimakasih atas dedikasi, pengabdian dan kerja keras yang telah kalian tunjukan selama selama kegiatan ini,”terang Ruslan Effendy.

Sementara itu, Bupati Tanggamus Hj. Dewi Handajani, menyampaikan TMMD merupakan program terpadu lintas sektoral dari berbagai pihak, baik TNI, Polri, Kementrian dan juga lembaga pemerintah dan yang paling penting ialah sebagai bentuk kemanunggalan TNI dengan masyarakat.

“Kami mengucapkan terimakasih atas dilaksanakannya kegiatan TMMD ke 115 ini. Dan saya juga mengimbau kepada seluruh masyarakat, agar program serta produk hasil pembangunan yang telah dilaksanakan ini dirawat bersama sama, sesuai dengan nama jalan yang telah diresmikan tadi yakni “RATU” rawat agar tetap utuh,”kata Bupati.

Bunda Dewi juga mengapresiasi atas capaian kerja dari TMMD ke 115, yang mana telah dibuka badan jalan sepanjang 2,5 kilometer, lalu pengerasan jalan, gorong gorong, plat deker,serta talud dan pembukaan badan jalan, serta penambahan target pembukaan badan jalan sepanjang 450 meter.

“Belum lagi kegiatan non fisik, dan kegiatan sosial yang juga telah dilaksanakan, sekali lagi saya atas nama Pemkab Tanggamus dan juga masyarakat khususnya Pekon Sinar Jawa menyampaikan terimakasih karena program ini sangat bermanfaat bagi masyarakat,”terangnya.

Sementara itu, Dandim Tanggamus Letkol Arm Miccha Arruan, menyampaikan bahwa kegiatan TMMD di setiap kodim dilaksanakan dua tahun sekali, sehingga kegiatan serupa lanjut Dandim baru akan bisa dilakukan pada tahun 2024 mendatang.

“Kita bersyukur capaian capaian sudah terealisasi, bahkan ada sasaran tambahan seperti bedah rumah dan sumur bor, dan seperti apa yang disampaikan oleh ibu Bupati saya juga berpesan kepada masyarakat agar merawat badan jalan yang telah dibuka, untuk di musim hujan seperti saat ini agar supaya jangan dilintasi terlebih dahulu, lalu kami melaksanakan TMMD ini hanya mempelopori diharapkan nanti bisa dilanjutkan pembangunan yang sudah dilakukan, karena dari 2,485
kilometer baru kita perkeras 500 meter sehingga perlu peningkatan jalan,”tandasnya.

Usai melaksanakan upacara rombongan Danrem, didampingi bupati, Dandim meninjau program kegiatan sunatan massal, produk UMKM, pelayanan pengobatan gratis, pelayanan KB dan Kesehatan serta dilanjutkan meresmikan badan jalan hasil dari kegiatan TMMD ke 115. (iqb)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here