Awas, Banyak Buaya di Kali Banjarnegara !

230
Kali Banjarnegara. Foto Uji Mashudi

WONOSOBO – Buaya muara di sungai Semaka kerap naik ke aliran-aliran sungai kecil, salah satunya seperti kali Banjarnegara di Kecamatan Wonosobo.

Eko, warga setempat menuturkan, biasa buaya muara terlihat sedang berjemur di dekat jembatan sekitar SMPN 2 Wonosobo. “Biasanya buayanya naik dan berjemur di bawah pohon-pohon bambu dekat jembatan,” katanya, kemarin.

Ia mengaku, buaya yang biasanya tampak oleh warga ada 3 ekor. Diantaranya 1 ekor berukuran besar dan 2 ekor berukuran kecil. “Yang satu panjangnya sekitar 3 meter dan yang dua panjangnya sekitar 2 kilan,” terangnya.

Beberapa pekan terakhir, lanjut Eko, buaya sudah tidak tampak di aliran kali Banjarnegara. Meski demikian, ia mengaku, sudah pernah ada warga yang digigit buaya saat mencuci di aliran kali Banjarnegara.

“Waktu itu ada warga sini yang digigit, Alhamdulillah bisa lepas,” terangnya.

Sementara itu, Kepala Pekon Banjarnegara Wahyudi membenarkan adanya buaya di kali Banjarnegara. “Iya benar, sebulan yang lalu ada warga saya yang digigit buaya,” bebernya.

Ia mengaku, Pemerintah Pekon bersama Balai Konservasi dan Sumber Daya Alam (BKSDA) Bengkulu Seksi Konservasi Wilayah III Lampung juga sudah memasang plang imbauan agar masyarakat tidak beraktivitas di sungai.

“Sudah kita imbau, bahkan kami bersama BKSDA sudah memasang plang imbauan agar masyarakat tidak beraktivitas di sungai,” pungkasnya. (Uji)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here