BPBD Akan Bangun Jembatan Darurat Penghubung Pekon

205
Jembatan penghubung pekon Kebumen Kecamatan Sumberejo dengan Pekon Kemuning Pulau Panggung akan dibangun darurat. Masyarakat berharap jembatan tersebut nantinya ditingkatkan menjadi permanen. Foto BPBD

SUMBEREJO–Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tanggamus akan membangun jembatan darurat penghubung Pekon Kebumen Kecamatan Sumberejo dengan Pekon Kemuning Kecamatan Pulau Panggung.

Kepala Pelaksana BPBD Tanggamus Ediyan M. Thoha mengatakan, langkah yang telah dilaksanakan oleh BPBD setelah mendapatkan laporan ambruknya jembatan tersebut, yaitu langsung melakukan assessment atau pendataan terkait penyebab ambruknya jembatan, kemudian melakukan langkah penanganan sementara sehingga, ambruknya jembatan tersebut tidak mengahambat perekonomian masyarakat.

“Kita sudah turun langsung ke lapangan, dan kemungkinan akan kita bangun jembatan darurat terlebih dahulu, dengan harapan kedepan akan dibangun jembatan secara permanen, ini dilakukan agar lalu lintas masyarakat tidak terganggu,”kata Ediyan, Minggu (6/11).

Ediyan menjelaskan, jembatan tersebut ambruk lantaran pondasi penopang jembatan terkikis oleh sungai. Dan ia juga berharap untuk sementara waktu ini jika belum ada penanganan lebih lanjut serta untuk meminimalisir kejadian yang tidak diinginkan agar kiranya warga tidak melalui jembatan tersebut untuk sementara waktu.

“Untuk dibangun darurat ini juga masih dalam proses, sehingga dalam rentang waktu tersebut jembatan jangan dilakui terlebih dahulu,”harapnya.

Sekadar diketahui, pasca ambruknya jembatan tersebut, Wabup Tanggamus Hi. AM. Syafii didampingi Camat Sumberejo Suwarno, BPBD serta kepala pekon meninjau langsung. Kakon Kebumen Suyanto menyampaikan dirinya berharap jembatan tersebut dapat segera dibangun mengingat akses tersebut penghubung pekon.

“Jembatan ini sangat vital bagi masyarakat, kita harapkan jika nantinya dibangun jembatan darurat jangan terlalu agar ditingkatkan menjadi permanen, jika memungkinkan,”tandasnya. (iqb)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here