Tinjau Lokasi Terdampak Banjir, Pj Bupati Pringsewu Ingatkan Warga Waspada

342
Pj bupati Pringsewu Adi Erlansyah meninjau lokasi banjir yang hingga kini masih membekas. Foto Agus

PRINGSEWU — Sejumlah pekon yang sempat terendam banjir mendapat perhatian dari Pj Bupati Pringsewu Adi Erlansyah, bersama kepala OPD, Adi Erlansyah mendatangi Pekon Sidoharjo,Kecamatan Pringsewu, Rawakijing, Pekon Ambarawa, Kecamatan Ambarawa dan Bendungan Way Gatel,Pekon Panjerejo, Kecamatan Gadingrejo.

Pada kesempatan itu Pj bupati meminta masyarakat tetap waspada ke warga terdampak banjir. Ia juga meminta warga bersabar dalam mengahadapi setiap cobaan. “Tetap waspada karena curah hujan yang tinggi akan berlangsung sampai Desember dan Januari 2023,” pesannya

Selain siaga warga juga diajak kompak dan bergotong royong untuk mengantisipasi banjir di lingkungan.

Ditambahkan okeh kepala BPBD Pringsewu Edi S Pamungkas apabila terjadi bencana segera melapor ke aparat pekon dan BPBD di nomor telpon 0729 ( 21108).
Dilanjutkan Edi, pihaknya hingga kini tetap siaga dengan menyiagakan perahu karet “Warga diimbau untuk tetap waspada dan bersiaga karena curah hujan di prediksi masih tinggi,” ungkapnya.

Sementara itu Bhabinkamtibmas Polsek Gadingrejo Polres Pringsewu bersama babinsa dan warga bergotong royong melakukan normalisasi aliran sungai Way Nenep di Pekon Bulurejo, Gadingrejo, Pringsewu. Warga dan aparat terlihat kompak membersihkan sungai. Aliran sungai tersumbat sampah-sampah, kayu, batang pisang, plastik serta rumput liar. Tak hanya itu juga dilakukan pelebaran sungai agar dapat melancarkan jalannya arus air.
Kapolsek Gadingrejo Iptu Anwar Mayer Siregar mewakili Kapolres AKBP Rio Cahyowidi mengatakan, gotong royong tersebut merupakan bentuk kepedulian aparatur negara bersama dengan warga dalam menjaga kebersihan dan keindahan lingkungan.Akibatnya tersumbatnya saluran gorong gorong, air meluap dan membanjiri jalan dan areal persawahan warga.” Mudah-mudahan dengan di normalisasi nya sungai ini, di Pekon Bulurejo itu dapat terhindar dari genangan air di saat hujan datang,” harapnya.

Untuk diketahui,sejumlah pekon dibeberapa kecamatan di Kabupaten Pringsewu terendam banjir beberapa hari lalu akibat meluapnya beberapa sungai di wilayah setempat. Di Kecamatan Pringsewu, banjir melanda Pekon Margakaya dan Pekon Sidoharjo, akibat meluapnya sungai Way Tebu dan Way Bulok. Di Pekon Sidoharjo, menurut data yang dihimpun di lokasi, sedikitnya 30 rumah terendam, dengan ketinggian air mencapai pinggang orang dewasa.(sag)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here