Kunjungi Banjir Semaka dan Wonosobo, Bunda Dewi Serahkan Bantuan

375

SEMAKA–Bupati Tanggamus Hj Dewi Handajani meninjau sejumlah wilayah di Kabupaten Tanggamus yang terdampak banjir dan tanah longsor, Jumat (28/10).

Mengawali kegiatannya bupati meninjau lokasi banjir dan tanah longsor di Pekon Kacapura Kecamatan Semaka, lalu menuju Pekon Karanganyar dan Pekon Bandar Kejadian Kecamatan Wonosobo. Disela peninjauannya bupati juga memberikan bantuan logistik dan sembako kepada warga terdampak banjir.

Dalam kesempatan tersebut ,bupati Tanggamus mengingatkan kepada masyarakat dan jajaran pemerintah daerah agar menjaga dan memelihara kelestarian hutan sebagai upaya pencegahan banjir.

“Hutan tidak boleh dirambah atau ditebangi supaya tidak gundul dan hilang fungsi resapan airnya. Jangan sampai malah kita yang merusak alamnya seperti pohon di hutan ditebangin, membuang sampah sembarangan.Seharusnya kita menanam tanaman yang berfungsi meresap air dan menjaga tanah tetap kuat agar tidak mudah erosi,”kata Dewi Handajani.

Maka dari itu, Bunda Dewi sapaan akrab bupati, mengimbau warga untuk sama-sama menjaga alam agar tetap lestari dan indah.”Kalau alam kita bagus dan hutan serta pepohanannya banyak insyaallah bencana banjir bisa teratasi,”ucapnya.

Masih kata bupati, bahwa Pemkab Tanggamus akan segera mengupayakan normalisasi alur sungai agar sedimentasi tidak menumpuk dan menimbulkan pendangkalan pada aliran sungai sehingga mengakibatkan banjir di seputar bantaran sungai.

Turut mendampingi bupati saat peninjauan banjir, Sekda Tanggamus Hamid Heriansyah Lubis, Kepala Dinas Sosial Zulpadli, Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Tanaman Pangan dan Hortikultura Catur Agus Dewanto, Kalak BPBD Edian M Toha, Camat Wonosobo Edy Fahrurrozi, Camat Semaka Wiwin Triani, Kepala Pekon se Kecamatan Wonosobo dan Kepala Pekon se Kecamatan Semaka.(rls/ral)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here