Bupati: Ayo Galakkan Cuci Tangan Pakai Sabun

273
Bupati Tanggamus Hj Dewi Handajani didampingi Wabup serta Ketua TP PKK mencuci tangan dengan menggunakan sabun. Bupati dalam kesempatan peringatan HCTPS ke XV mengajak masyarakat untuk menggalakan cuci tangan pakai sabun. Foto Diskominfo.

PUGUNG–Bupati Tanggamus Hj Dewi Handajani SE Menghadiri Peringatan Hari Cuci Tangan Pakai Sabun se-Dunia (HCTPS) ke-XV Tahun 2022, Senin (17/10).

Mengambil tema”Bersatu Untuk Tangan Bersih dan Sehat, serta “Peran Perempuan Berdaya untuk Penurunan Stunting dengan Gerakan Serentak HCTPS”, kegiatan tersebut berlangsung di SDN 1 Way Jaha, Kecamatan Pugung, Senin (17/10).

Dalam sambutannya, Bupati menyampaikan apresiasi kepada Jajaran Tim Penggerak PKK dan Dinas Kesehatan Kabupaten Tanggamus yang telah menggerakkan HCTPS tingkat Kabupaten Tanggamus. Yang mana kegiatan tersebut merupakan upaya bersama melaksanakan salah satu indikator 5 pilar STBM (Sanitasi Total Berbasis Masyarakat) yaitu mencuci tangan pakai sabun, sebagai langkah konkrit dalam upaya kesadaran memutus rantai penularan Covid-19 dan upaya mencegah stunting.

“Di masa Pandemi, tingkat kesadaran masyarakat untuk mencuci tangan memakai sabun sudah mulai terlihat nyata, namun demikian, agar perilaku ini menjadi suatu budaya harus terus kita galakkan, bukan hanya karena Pandemi, namun harus diyakini bahwa selalu cuci tangan pakai sabun adalah hal yang sangat penting bagi kesehatan,”kata Bupati.

Bunda Dewi menambahkan, peringatan HCTPS se dunia yang jatuh setiap tanggal 15 Oktober, merupakan momen penting untuk mengkampanyekan perilaku mencuci tangan memakai sabun di air mengalir, hal tersebut berdampak positif pada upaya mencegah penularan Covid-19 dan upaya nyata menurunkan prevalensi stunting, sehingga kualitas SDM diharapkan dapat meningkat.

“Pandemi Covid-19 sampai saat ini belum berakhir, walaupun menurut Kementerian Kesehatan Pandemi saat ini relatif terkendali, namun kita masih selalu waspada dengan menerapkan protokol Kesehatan dan berprilaku Hidup Bersih dan Sehat,”ujarnya.

Sementara itu, Ketua TP-PKK Tanggamus Hj Sri Nilawati Syafi’i menerangkan, dalam kegiatan HCTPS ke XV. TP PKK berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan secara berjenjang untuk menjadi Inisiator dalam Penggerakan masyarakat hidup melalui kebiasaan Cuci Tangan Pakai sabun.

“Adapun tema Hari Cuci Tangan Pakai Sabun se-Dunia (HCTPS) tahun ini adalah “Bersatu Untuk Tangan Bersih dan Sehat”, dengan Sub Tema “Peran Perempuan Berdaya untuk Penurunan Stunting dengan Gerakan Serentak HCTPS,”terangnya.

Sri Nilawati menambahkan, hari Cuci Tangan Pakai Sabun (HCTPS) se-Dunia adalah sebuah kampanye global yang dicanangkan oleh PBB bekerjasama dengan organisasi lainnya, baik pihak pemerintah dan swasta untuk menggalakkan perilaku Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS).

“Adapun tujuan Peringatan HCTPS adalah mewujudkan anak didik, mengerti dan membiasakan diri untuk CTPS. Anak didik dan masyarakat mengerti dan melakukan 6 waktu kritis CTPS yaitu sebelum makan; setelah BAB; setelah menceboki bayi; sebelum menyusui; sebelum menyiapkan makan dan setelah kontak dengan hewan,”paparnya.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Wakil Bupati Tanggamus Hi.AM Syafii, Para Asisten, Forkopimda, Ketua TP-PKK, Ketua DWP, Kadis kesehatan, Para OPD, Camat pugung, Ketua Bhayangkari, Ketua Persit, Kepala sekolah SDN 1 Wai Jaha dan Para dewan guru. (iqb)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here