Dukung Kegiatan TMMD, Pekon Sinar Jawa Libatkan Warga di Lima Dusun

228

AIRNANINGAN–Warga dari lima dusun di Pekon Sinarjawa, Kecamatan Airnaningan bahu membahu membantu TNI untuk membuka akses jalan yang merupakan kegiatan pra tentara manunggal membangun desa (TMMD) di pekon setempat.

Kepala Pekon Sinar Jawa Misno, mengatakan pihaknya melibatkan lima dusun untuk ikut serta membantu Kodim 0424 Tanggamus membuka akses jalan penghubung dusun Batusaeng ke dusun Sindang bunga tersebut. Hal itu sebagai bentuk dukungan serta terima kasih pihak pekon atas dilaksanakannya kegiatan TMMD.

“Kami masyarakat Pekon Sinar Jawa sangat berterimakasih kepada pemerintah Kabupaten Tanggamus dan Kodim Tanggamus, dan kami sangat mendukung dan berterima kasih dengan adanya TMMD di pekon kami,”kata Misno

Akses jalan yang dibuka melalui kegiatan TMMD lanjut Kakon juga merupakan jalan tembus ke Pekon Datar Lebuay. Dengan dibukanya jalan tersebut tentu sangat bermanfaat bagi masyarakat untuk membawa hasil bumi sehingga bisa meningkatan perekonomian masyarakat di wilayah tersebut.

“Alhamdulillah, masyarakat disini masih membudayakan gotong royong. Dan setiap harinya secara bergantian bahu membahu ikut serta membantu sehingga kegiatan TMMD ini bisa berjalan dengan lancar,”ujarnya
Kegiatan TMMD tahun 2022 akan berlangsung di Pekon Sinar Jawa, Kecamatan Airnaningan. Saat ini tim yang tergabung TNI, polri dan juga masyarakat tengah melakukan pra TMMD yang dimulai sejak tanggal 26 September 2022.

Sekedar diketahui, sasaran TMMD yang bertempat di Pekon Sinar Jawa, membuka badan jalan sepanjang 2.465 meter. Dandim 0424 Tanggamus Letkol Arm. Micha Arruan mengatakan, Pra TMMD sudah mulai berlangsung sejak tanggal 26 September lalu, ini dilakukan mengingat Medan dan jalan yang akan dibuka sangat berat terlebih disaaat musim penghujan, sehingga pihaknya mengambil langkah waktu cadangan dua minggu dengan harapan minimal setengah perjalanan sudah dilaksanakan.

“Kita antisipasi hujan, maka ada waktu cadangan, resminya kegiatan TMMD satu bulan. Panjang jalan yang akan dibuka 2.465 meter, onderlagh 481 meter, enam gorong gorong, dan plat deker dua,”kata Dandim.

Dandim, menambahkan kegiatan TMMD tersebut tidak terlepas dari usulan yang disampaikan oleh masyarakat. Dirinya juga mengatakan bahwa usulan agar kegiatan TMMD banyak disampaikan, namun dalam hal ini pihaknya akan melihat serta meninjau langsung hal itu bertujuan agar supaya syarat syarat TMMD benar benar dapat dipenuhi.

“Syarat untuk dilaksanakannya TMMD diantaranya, terpencil, terisolir, dan dari sisi keamanan juga kita siapkan untuk daerah pertahanan, pra sudah mulai tanggal 26 kemarin, dan diperkirakan dibuka pada tanggal 11 Oktober bulan depan, melibatkan TNI, polri, masyarakat dan juga ormas,”terangnya. (iqb)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here