Tim Musikalisasi dan Puisi SMAN 1 Pringsewu Maju Ke tingkat Nasional

455
Tim Muspus SMANSA Pringsewu maju ke tingkat nasional dalam lomba musikalisasi puisi. Foto Ist.

radartanggamus.co.id–Tim Musikalisasi Puisi dari SMA Negeri 1 (SMANSA) Pringsewu maju ke kejuaraan Musikalisasi Puisi di tingkat nasional.

Kini Tim yang terdiri dari Alvito Restu Alodya Tama, Zakha Arif Wicaksana, Zakhy Arif Wicaksana, Vincen Moreno dan Maria Toribia Joola P sedang mencari format yang tepat untuk persiapan berkompetisi dengan tim musikalisasi puisi SMA lainnya dari seluruh Indonesia.

“Sedang dalam proses penggarapan 2 puisi untuk lomba tingkat nasional, ” jelas pembina sekaligus pelatih tim musikalisasi puisi SMA N 1 Pringsewu Hj. Heryanti, M.Pd didampingi Kepala SMAN 1 Pringsewu Drs. Aris Wiranto.

Untuk puisi.”Perjurit Jaga Malam” karya Chairil Anwar yang merupakan puisi wajib sudah selesai penggarapannya. Puisi pilihan
“Sajak Putih” karya Chairil Anwar” tinggal menemukan dinamika, suasana dari puisi yang dicarikan nada dan aransemen musiknya, sehingga padu dan di peroleh harmonisasinya,” tambahnya.

Dalam berlatih meraih prestasi maksimal lanjut Heryanti tetap melibatkan alumni, yakni dibantu alumni muspus SMAN 1 Pringsewu terdiri dari Muhammad Abi Zulkarnain, Putra Alfa Rizki, Emilia Friska Saputri, dalam mencari nada dan aransement musiknya. Termasuk persiapan alat musik seperti gitar, jimbe, accordion, rainstick, kicrikan kayu, pletekan kayu, wind chime. ” Untuk memperkaya penampilan juga kita lakukan diskusi diskusi kecil,” terangnya.

Diskusi untuk mencari nada dan aransemen puisi dengan berpedoman pada ruh puisi itu sendiri . Yaitu makna yang terkandung di dalam puisinya, agar dengan dinyanyikan makna dapat lebih cepat sampai di banding dengan pembacaan biasa. Kemudian juga anak-anak bersama pembina bekerja keras, mengolah puisi itu sehingga diperoleh rasa yang mendalam dari puisi .” Setelah menjadi sebuah lagu dan dapat dinikmati juga dengan baik bagi pendengarnya. Dan pesan dalam puisi itu sampai pada rasa pendengarnya,” ungkap Heryanti, M.Pd.

Untuk diketahui tim musikalisasi puisi SMA Negeri 1 Pringsewu maju ke nasional setelah berhasil menjadi juara pertama tingkat Provinsi Lampung. Tim Musikus Smansa Pringsewu itu berhasil mengungguli 35 tim dari SMA se Lampung dalam lomba yang digelar Kantor Bahasa Provinsi Lampung tersebut.(sag)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here