Nelayan Hingga Kader Posyandu Terima Bantuan

150
Serahkan Bantuan: Sekdakab Tanggamus Hamid H Lubis didampingi Port Manager Teluk Semaka, PT Mariene Pertamina Trans Kontinental Teguh Anandika serta Camat Kotaagung, Erlan Deni Saputra, menyerahkan bantuan program CSR dari Pertamina Trans Kontinental. Bantuan tersebut diperuntukkan bagi nelayan, kader hingga balita. Foto Hanibal Batman

KOTAAGUNG–Puluhan masyarakat kelurahan Baros Kecamatan Kotaagung, terdiri dari nelayan, lansia, kader posyandu hingga balita, mendapat bantuan Corporate social responsibility (CSR) dari Pertamina Trans Kontinental, Kamis (22/9).

Bantuan yang diserahkan secara simbolis oleh Bupati Tanggamus Hj Dewi Handajani diwakili Sekretaris Daerah Hamid H. Lubis itu berlangsung di Wisata Muara Indah, Kotaagung. Turut hadir, Camat Kotaagung Erlan Deni Saputra, Lurah, Babinsa serta masyarakat penerima bantuan.

Sekdakab Hamid H Lubis, mewakili Bupati menyampaikan, apresiasi dan terimakasih atas bantuan program CSR Pertamina Trans Kontinental tersebut, ia berharap langkah ini juga dapat diikuti oleh perusahaan yang lainnya

“Program bantuan kepada posyandu ini sangat tepat, karena kita ketahui bersama Pemkab Tanggamus saat ini, tengah berupaya menurunkan angka stunting yang masih tinggi dan terjadi pada anak balita di wilayah Kabupaten Tanggamus,”kata Sekda.

Demikian juga, dengan bantuan berupa berupa alat menangkap ikan, lanjutnya bantuan tersebut sangat besar manfaatnya mengingat wilayah Kelurahan Baros, terletak di Pesisir Pantai Teluk semaka, dan sebagian besar warga bermata pencaharian sebagai nelayan.

“Dengan adanya bantuan ini, maka diharapkan hasil tangkapan nelayan semakin banyak, penghasilan pun semakin tinggi, muaranya adalah kesejahteraan para nelayan diwilayah ini semakin meningkat,”ujarnya.

Sementara itu, Port Manager Teluk Semaka, PT Mariene Pertamina Trans Kontinental Teguh Anandika menerangkan, CSR tersebut merupakan salah satu bentuk kegiatan sosial perusahaan Pertamina Trans Kontinental yang beroperasi di perairan teluk Semaka, Kabupaten Tanggamus.

“Sebelum CSR ini diberikan, kita asesmen terlebih dahulu, program apa yang dibutuhkan oleh masyarakat sehingga paling tidak sedikit banyaknya membantu masyarakat, khususnya di Kelurahan Baros, umumnya di Kabupaten Tanggamus,”terangnya.

Dijelaskannya, untuk tahun 2022 ini ada enam program yang dijalankan dan yang sedang berjalan, enam program bantuan CSR tersebut yakni, program peningkatan kesehatan balita, dan lansia; peningkatan kader posyandu, perilaku Hidup bersih dan sehat dan sarana air bersih; pemberdayaan nelayan jaring rampus;pemberdayaan petani,
serta pemberdayaan peternak.

“CSR Pertamina telah berjalan dari tahun 2021 lalu tahun ini dan insyallah pada tahun 2023 mendatang manajemen dari pusat akan mengalokasikan kembali, kita harapkan bantuan ini dapat membantu peningkatan masyarakat,”ujarnya.

Lurah Baros Nanak Supriyadi, menyampaikan terimakasihnha kepada PT Pertamina Trans Kontinental serta Bupati Tanggamus Hj. Dewi Handajani yang telah memberikan bantuan berupa makanan tambahan bayi di kelurahan Baros. “Bantuan ini besar manfaatnya bagi masyarakat kami, seperti sarana air bersih, MCK, makanan tambahan bayi dan lansia serta alat tangkap ikan,”paparnya.

Dalam kesempatan itu, Lurah juga menyampaikan terimakasih kepada Bupati Tanggamus. Yang mana menurutnya, bantuan ini dapat terlaksana tidak terlepas dari peran serta dan upaya Bupati sehingga bantuan ini dapat terealisasi. “Kedepan kita berharap bantuan ini dapat terus bergulir, mengingat masih banyak program yang perlu dukungan dari semua pihak, selain itu kami juga berharap perusahaan perusahaan lainnya juga dapat membantu melalui CSR-nya,”tandasnya.(iqb)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here