Terus Tergerus, TPU Kapuran Bakal Direlokasi

133

KOTAAGUNG- Kelurahan Pasar Madang, Kecamatan Kota Agung,Tanggamus berinisiatif memindahkan lahan tempat pemakaman umum (TPU) pantai laut Kapuran yang tergerus air laut pasang.

Adanya inisiatif pemindahan lahan pemakaman tersebut juga desakan dari warga melihat kondisi pemakaman yang semakin memprihatinkan, imbas erosi.

Menurut Lurah Pasar Madang Dede Chandra untuk merealisasikan gagasan inisiatif dan aspirasi dari warganya tersebut. Maka pihak Kelurahan telah berkoordinasi dengan instansi terkait seperti Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dan instansi terkait lainnya.

“Sewaktu adanya bencana air laut pasang atau ROB kemarin kami sempat koordinasi pihak BPBD apakah bisa ada relokasi juga terkait tempat pemakaman umum, yang juga terdampak air laut pasang,” katanya, Senin (20/6).

Dede Chandra mengatakan, pihak Kelurahan juga mengusulkan opsi pemindahan lahan pemakaman umum tersebut dengan anggaran dana Kelurahan.

Untuk opsi tersebut pihak Kelurahan berkoordinasi dengan institusi Inspektorat Tanggamus dan Bappeda.

“Kami konsultasikan bagaimana aturan aturan dalam penggunaan dana Kelurahan, apakah bisa di gunakan untuk pembelian lokasi lahan pemakaman. Kemudian kami juga sudah berkoordinasi dengan pimpinan yakni Sekda untuk meminta arahannya,” ujarnya.

Dede Chandra menambahkan lahan yang di butuhkan untuk pemakaman umum sekitar 50×50 meter. Dan sangat diinginkan lokasi tetap ada di wilayah Kelurahan Pasar Madang.

“Tapi kalau melihat kondisi luas lahan dan harga pasaran tanah untuk wilayah Pasar Madang sudah cukup tinggi, jadi mungkin sulit untuk realisasi pemindahan lahan tetap di Pasar Madang. Maka kalaupun terealisasi kemungkinan kita cari lahan di tempat lain yang harganya terjangkau,” imbuhnya (Win/ral)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here