Irwandi Ajak Pengguna Medsos Bijak

103
Foto Ilustrasi Net

RADARTANGGAMUS.CO.ID, KOTAAGUNG – Wakil Ketua I DPRD Kabupaten Tanggamus Irwandi Suralaga meminta warga di bumi Begawi Jejama ini harus pandai memanfaatkan Media Sosial (Medsos) di era internet saat ini.

Pasalnya, perkembangan Medsos sangat pesat, tentu jika salah menggunakan maka bisa memicu timbulnya persoalan baru.

“Medos itu memicu semua hal yang bersifat manual menjadi otomatis dan hal yang rumit menjadi lebih ringkas serta semakin memudahkan pengguna,” katanya

Menurut Ketua DPC PKB Tanggamus itu saat ini Medsos menjadi kebutuhan di hampir seluruh elemen masyarakat. Baik lembaga, kelompok maupun personal memanfaatkan Medsos.

Alasannya karena lebih memudahkan dalam melakukan komunikasi dan menyebarkan informasi, serta mendapatkan informasi baik yang sifatnya positif maupun negatif.

“Yang pastinya semua pengguna internet atau Medsos harus bijak, karena dengan internet maka semua bisa langsung tersebar,”terangnya.

Ia mengaku, salah satu media sosial yang banyak digunakan masyarakat yakni facebook (FB). Tetapi masyarakat perlu bijak dalam menggunakan Medsos.

Pasalnya Medsos diatur dalam Undang-Undang No19 Tahun 2016 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE).

Tentunya jangan sampai hanya dengan keisengan menjadi sebuah persoalan yang berurusan dengan hukum.

“Kalau salah menggunakan medsos ini maka bisa kena pasal ITE,”jelasnya. Pada kesempatan itu, ia

kembali mengingatkan agar masyarakat untuk memanfaatkan Medsos dengan baik. Pihaknya berpesan jangan sampai Medsos disalahgunakan untuk berbuat kejahatan.

Untuk itu ia juga meminta masyarakat untuk bijak menggunakannya.

“Perkembangan teknologi informasi saat ini tidak bisa dihindari. Berita Hoax atau palsu akan selalu ada. Untuk itu masyarakat harus cerdas dalam memahaminya. Masyarakat dihimbau untuk tidak menyebarkan berita yang tidak benar sumbernya. Masyarakat diminta mensajikan berita yang bisa dipertanggung jawabkan,” pintanya.

Lebih jau ia menjelaskan, saat ini masyarakat sangat mudah mengakses informasi melalui Medsos, sebab tidak perlu harus ke Warung Internat (Warnet) tapi melalui HP bisa langsung terkoneksi. Artinya, kata bijak merupakan konci dasar agar masyarakat sebagai pengguna bisa terhindar dari ITE itu sendiri.

“Rata-rata sekarang masyarakat memiliki HP Android. Nah, gunakan lah sebagaimana mestinya. Kemudian terpenting kepada orang tua anak agar bisa mengawasi putra-putrinya ketika menggunakan medsos ini, jangan sampai membuka situs-situs yang bisa merusak mentalnya,”pungkasnya. (Zep)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here