BPBD Tanggamus Bangun Jembatan Darurat Penghubung Antar Kabupaten

132
Bangun Jembatan: BPBD Tanggamus saat membangun jembatan darurat penghubung antara Kabupaten Tanggamus dan kabupaten Lampung Barat, di Pekon Petai Kayu Kecamatan Ulubelu. Jembatan dibangun lantaran karena rusak akibat disapu banjir. Foto BPBD

ULUBELU,
RADARTANGGAMUS.CO.ID –
Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Tanggamus membangun jembatan darurat penghubung antar kabupaten Tanggamus dan Kabupaten Lampung Barat, yakni perbatasan pekon Petai Kayu dan Ulu Semuong, Kecamatan Ulubelu.

Kepala Pelaksana BPBD Ediyan M. Thoha melalui Kabid Kedaruratan dan Logistik Darsun, mengatakan jembatan yang dibangun sepanjang delapan meter dan lebar tiga meter.

Jembatan tersebut sebelum diperbaiki ulang mengalami kerusakan akibat banjir sehingga tiang penyangga jembatan dikhawatirkan tak mampu lagi menahan beban.

“Jembatan itu juga telah ditinjau oleh Bupati Tanggamus, karena telah mengalami kerusakan dikhawatirkan pada saat dilintasi terjadi hal hal yang tidak diinginkan, sehingga diperbaiki dan itupun sifatnya sementara belum permanen,”kata Darsun didampingi Pelaksana Lapangan BPBD, Budiman, belum lama ini.

Ia menerangkan, jembatan yang dibangun tersebut saat ini tidak menggunakan tiang penyangga. Hanya tiang di sisi-sisi sungai.

Jembatan dibangun menggunakan batang pohon kelapa serta kayu, dengan maksimal kekuatan mencapai tiga ton.

Selain pembuatan jembatan, di lokasi tersebut juga dibuatkan jalan untuk kendaraan menerobos sungai. Hal itu karena sifat jembatan masih darurat yang tidak bisa dilakukan kendaraan bermuatan berat.

“Jadi kalau kendaraan kecil, sepeda motor bisa lewat jembatan, kalau truk muatan berat turun lewat sungai, dan sungai bisa dilewati kendaraan saat kondisi airnya tidak tinggi,”ujarnya.

Tidak hanya itu, BPBD juga melakukan normalisasi sungai di lokasi tersebut. Lokasi yang dinormalisasi sekitar 200 meter dari jembatan, dengan mengembalikan alur sungai.

“Lebar sungai yang dinormalisasi sekitar delapan meter, kanan kiri dibuatkan tanggul, supaya alur sungai tidak acak,”tandasnya. (iqb)

Editor : Uji Mashudi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here