Seriusi Stunting, Pemkab Berikan Bantuan Sembako untuk Ibu Hamil

148

KOTAAGUNG–Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tanggamus terus berupaya menuntaskan persoalan stunting dan gizi buruk. Salah satu upaya tersebut yakni dengan memberikan bantuan sembako kepada ibu hamil.

Bertempat di Kantor Kelurahan Baros, Kecamatan Kotaagung, Selasa (24/5).Bupati Tanggamus Hj. Dewi Handajani didampingi Camat Kotaagung, Erlan Deni Saputra, Lurah Baros Adi Putra, Babinsa serta Babinkamtibmas, menyerahkan bantuan berupa beras, telur, susu, gula serta minyak kepada 15 penerima yang terdiri dari ibu hamil dari kelurahan setempat.

Dalam sambutannya, bupati mengatakan persoalan stunting bukan hanya tugas dari pemkab saja akan tetapi juga menjadi kewajiban dan tugas bersama-sama, kerja kolaboratif dari seluruh pihak dan juga masyarakat hingga ketingkat bawah, sehingga persoalan stunting dapat teratasi.

“Jangan sampai anak anak kita terkena stunting, karena maju atau tidaknya suatu bangsa salah satu faktor pendukung utamanya ialah ketersediaan dan keberadaan sumber daya manusia yang berkualitas, sehat, memiliki kecakapan secara paripurna, dan ini harus kita mulai dan perhatian kita bersama sejak 1000 hari pertama kehidupan,”kata Dewi Handajani.

Bunda Dewi juga mengimbau kepada masyarakat meningkatkan kepedulian dalam pencegahan stunting, karena Pemkab dalam hal ini, tidak bekerja sendirian, maka daripada itu, jika ada informasi berkaitan dengan stunting segera disampaikan sehingga ada solusi dan penanganan bersama

“Program ini juga saya berharap dapat dilaksanakan di setiap kelurahan dan juga pekon di Tanggamus, karena sekali lagi ini perlu kepedulian kita bersama. Selain itu kini di setiap puskesmas ada pelayanan USG untuk ibu hamil,”kata bunda Dewi sapaan akrab bupati.

Camat Kotaagung Erlan Deni Saputra menambahkan penanggulangan stunting juga dilakukan di setiap pekon yang telah tercover dan terstruktur dalam APBDes masing masing pekon.

“Untuk stunting locus kita yakni di Pekon Terdana, upaya yang dilakukan ialah pemberian makanan tambahan, sosialisasi, dan juga faskes yang disiapkan oleh pemerintah seperti USG bagi ibu hamil secara gratis,”kata Erlan.(iqb)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here