Masyarakat Terdampak ROB Mulai Datangi Pos Kesehatan

135
Datangi Posko Kesehatan: Warga Keluarga Pasar Madang, Kecamatan Kotaagung. Yang terdampak luapan air laut mulai mendatangi posko kesehatan, sejumlah warga mengeluhkan penyakit ringan yang dirasakan seperti gatal gatal, BAB serta sakit perut. Foto dokumen Kelurahan Pasar Madang

KOTAAGUNG–Puluhan masyarakat kelurahan Pasar Madang terdampak luapan air laut (Rob) mulai mendatangi posko kesehatan di RT 16 kelurahan setempat. Masyarakat mengeluhkan gatal gatal yang dirasakan.

Lurah Pasar Madang, Dede Candra mengatakan gatal gatal yang dirasakan oleh masyarakat tersebut diduga akibat luapan air laut yang menggenangi pemukiman masyarakat sejak Selasa lalu dan hingga kini juga masih tergenang kendati volume air berangsur telah mulai menyusut.

“Total masyarakat yang telah datang untuk melakukan pengobatan ringan sejumlah puluhan warga, mulai dari gatal gatal, BAB, sakit perut dan pegal pegal,”kata Lurah, Kamis (19/5).

Lurah menambahkan untuk mengantisipasi hal hal yang tidak diinginkan, pihaknya melibatkan seluruh stakeholder dan seluruh lini terkait bahu membahu untuk membantu masyarakat yang terdampak, baik itu medis, Tagana, Basarnas dan lain sebagainya. Adapun untuk titik yang terdampak luapan air laut di kelurahan Pasar Madang yakni di RT 9, RT 10, RT 14 dan RT 16.

“Untuk kondisi saat ini, air laut masih naik akan tetapi volum airnya mulai mengalami penyusutan dibandingkan dengan beberapa hari lalu, dimana posko kita juga sempat tergenang tetapi untuk hari ini tidak terjadi,”ujarnya.

Sebelumnya Bupati Tanggamus Hj Dewi Handajani meninjau kampung nelayan di Dusun Kapuran Kelurahan Pasar Madang
Kecamatan Kotagagung yang terdampak banjir rob, Rabu (18/5).

Dalam kesempatan tersebut bupati didampingi Sekretaris Daerah Kabupaten
(Sekkab) Tanggamus Hamid Heriansyah Lubis, Kepala Pelaksana BPBD Tanggamus Ediyan.M.Thoha, Kepala Badan Pengelola Keuangan Daerah (BPKD) Suaidi, Kepala Dishub Herli Rakhman, Camat Kotaagung Erlan Deni Saputra, Kabid Penyediaan Perumahan, Dinas PUPR Ari Yudha Lurah Pasarmadang Dede Chandra Lurah Baros Adi Putra dan Kepala UPT Puskesmas Kotaagung dr Theresia.

Selain meninjau, banjir rob bupati juga memberikan bantuan bahan pokok berupa beras bagi warga terdampak. (iqb)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here