Bunda Dewi Ajak Pemuda Jaga Kelestarian Seni Budaya

138
Bupati Tanggamus Hj Dewi Handajani dan Ketua DPRD Tanggamus saat menghadiri peresmian berakhirnya pelatihan pencak silat Lampung Padang Guci. Kandang Besi, Selasa (17/5). Foto Diskominfo

KOTAAGUNG–Bupati Tanggamus Hj Dewi Handajani, menginginkan agar para pemuda dapat terus menjaga kelestarian seni budaya adat Lampung.

Hal ini disampaikan bupati pada saat menghadiri peresmian berakhirnya pelatihan Pencak Silat Lampung Padang Guci di Pekon Kandang Besi, Selasa (17/5).

Hadir dalam kegitaan tersebut Ketua DPRD sekaligus Ketua IPSI Tanggamus Heri Agus Setiawan, Anggota DPRD Helmi, staf ahli bupati, Camat Kotaagung Barat Firdaus, Uspika Kotagagung Barat, beberapa kepala pekon, tokoh masyarakat, tokoh adat,tokoh agama dan seluruh peserta pencak silat.

Bupati Tanggamus Hj Dewi Handajani dalam sambutannya, menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada panitia acara yakni Karang Taruna Pekon Kandang Besi yang telah menyelenggarakan kegiatan sehingga kegiatan ini terlihat begitu meriah.

“Acara ini merupakan peran serta para pemuda di dalam upaya pelestarian seni dan budaya masyarakat adat Lampung di Kabupaten Tanggamus,”kata Dewi Handajani.

Ucapan terimakasih juga bupati sampaikan kepada para tetua dan tokoh adat Lampung serta tokoh silat Lampung di wilayah Kota Agung Barat, yang terus membimbing dan membina peserta pelatihan Silat Lampung ini. Ia berharap agar seni budaya dapat terus terjaga, kegiatan ini juga lanjutnya merupakan sarana untuk mencintai seni dan budaya daerah menjadi peluang untuk meraih perestasi bagi generasi muda, tentunya secara tidak langsung akan memberikan kontribusi terhadap pembangunan sumberdaya manusia di Kabupaten Tanggamus.

“Karena salah satu tujuan pembangunan yang dilaksanakan oleh Pemerintah Kabupaten Tanggamus selain pembangunan dibidang fisik, kita juga sangat memperhatikan pembangunan dibidang SDM, melestarikan budaya bertujuan supaya budaya asli negeri kita tidak tergeser dengan budaya negara lain dan kelak anak cucu kita, tetap dapat menikmati hasil cipta rasa dan karsa pendahulunya,”ujar Bunda Dewi.

Sementara itu, Ketua IPSI Tanggamus Heri Agus Setiawan mengapresiasi apa yang dilakukan oleh karang taruna pekon kandang besi, tidak hanya itu ia menginginkan agar apa yang telah dilaksanakan oleh kadang taruna pekon setempat juga dapat dicontoh oleh karang taruna yang lainnya.

“Ini merupakan kegiatan yang positif, bagi generasi pemuda kita sehingga kedepan generasi kuda kita menjadi generasi yang kuat dan sportif,”tukasnya.

Sementara itu, Kepala pekon kandang besi Mukhtar mengucapkan banyak banyak terima kasih kepada pemerintah daerah terutama kepada bupati Tanggamus dan ketua IPSI yang telah meluangkan waktu dalam kegiatan tersebut.

“Karena kehadiran dari Bupati dan Ketua IPSI, merupakan penyemangat dan suport yang sangat besar agar dapat menunjang perestasi mereka kedepan nya,”tandasnya. (iqb)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here