Bertemu Erick Thohir, Bunda Dewi Usulkan Pembangunan Pelabuhan

203
Bupati Tanggamus Hj Dewi Handajani bersama Menteri BUMN Erick Thohir dan Gubernur Lampung Arinal Djunaidi. Foto Bagian Protokol

BANDARLAMPUNG–Bupati Tanggamus Hj Dewi Handajani mengusulkan pembangunan pelabuhan penyeberangan kapal yang berlokasi di Batu Balai Kecamatan Limau. Hal tersebut disampaikan langsung bupati kepada Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) RI, Erick Thohir di Rumah Kayu Kota, Bandar Lampung, Selasa malam (10/5).

Menurut bupati, adanya pelabuhan di Batu Balai dapat menjadi alternatif untuk mengurai kepadatan di Pelabuhan Panjang Kota Bandar Lampung.

“Sehingga yang mengangkut komoditi dari Jambi, Bengkulu, Pesisir Barat tidak harus ke Panjang tapi bisa di pelabuhan Batu Balai nantinya,”kata Dewi Handajani.

Dilanjutkan bupati, dalam pertemuan yang dihadiri seluruh bupati, walikota se Lampung dan Gubernur Lampung itu juga membahas agar bisa memajukan Provinsi Lampung.

“Setiap daerah yang ada di Provinsi Lampung bisa memaksimalkan masing-masing potensi yang dimiliki demi kemajuan Provinsi Lampung sebab membangun kolaborasi antara pemerintah pusat, provinsi dan kabupaten sangat diperlukan dalam percepatan pembangunan,”pungkas Dewi Handajani.

Sementara menurut Erick, BUMN selalu bersinergi dengan pemerintah daerah, dalam hal ini Pemerintah Provinsi Lampung untuk dapat menjaga keseimbangan pasar dan memenuhi kebutuhan pangan masyarakat.

“Pemprov Lampung dan BUMN selalu bersinergi, kita tidak boleh membiarkan masyarakat tidak memperoleh bahan pokok,” tegas Erick

Dalam kesempatan tersebut, Menteri BUMN juga mengapresiasi Gubernur Lampung Arinal Djunaidi, dimana dimasa kepemimpinnya perekonomian di Provinsi Lampung terus meningkat. Bahkan selama masa libur hari raya 2022, pengiriman truk logistik dari Lampung ke Pulau Jawa mengalami peningkatan sebesar 116 persen.

“Hal ini menegaskan bahwa Lampung memang telah benar-benar menjadi pusat kebutuhan pangan untuk masyarakat di Jawa, Alhamdulillah berkat kepemimpinan Pak Gubernur, dan juga Pak Jokowi tentunya perekonomian masyarakat Lampung tetap terjaga,” ucapnya.

Sementara itu Gubernur Arinal Djunaidi mengucapkan terimakasih kepada Menteri BUMN dan PTPN VII yang telah menggelar pasar murah bagi masyarakat Lampung.
Gubernur juga menerangkan bahwa memang telah menjadi kewajiban bagi penanggung jawab daerah yang memiliki potensi pangan untuk meningkatkan distribusi logistik untuk wilayah yang membutuhkan, seperti misalnya DKI Jakarta dan wilayah lainnya di Pulau Jawa.

“Mudah-mudahan kedepan distribusi logistik akan lebih mudah lagi, misalnya di Tanggamus kita akan bikin pelabuhan, sehingga arus trasnportasi logistik akan lebih mudah, dan yang harus kita pahami bahwa pemerintah provinsi adalah bagian dari pemerintah pusat,” tutup Arinal.(rls/ral)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here