300 Pelajar se Tanggamus Ikuti Seleksi Calon Paskibraka

225
Sebanyak 300 pelajar SMA sederajat se Kabupaten Tanggamus mengikuti seleksi calon anggota Paskibraka 2022.Dari 300 pelajar terpilih 30 orang untuk selanjutnya digembleng dan dibina untuk pelaksanaan tugas pengibaran bendara di HUT Ke 77 RI. Foto ist

KOTAAGUNG–Pemkab Tanggamus melalui Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) setempat melakukan seleksi calon anggota Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) yang akan bertugas dalam upacara Hari Ulangtahun (HUT) Ke 77 Kemerdekaan Republik Indonesia 17 Agustus mendatang.

Kegiatan pembukaan seleksi anggota Paskibraka ini dibuka oleh Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesra, Setdakab Tanggamus, Fathurrahman, 31 Maret lalu di Gedung pertemuan Islamic Center Kotaagung.

Dalam sambutannya, Fathurrahman mengatakan, salah satu tujuan dari adanya seleksi adalah untuk menyaring dan menghasilkan Paskibra yang benar-benar mampu menjalankan tugasnya sebagai pasukan pengibar bendera dalam rangka HUT Kemerdekaan RI pada tanggal 17 Agustus tahun 2022 nanti, dan melaksanakan tugas dalam acara seremoni lainnya diluar upacara pengibaran bendera, seperti HUT Tanggamus atau lainnya.

“Paskibra ini merupakan upaya untuk menanamkan nilai-nilai nasionalisme dan jiwa pemuda melalui pelatihan kepemimpinan dengan kegiatan pelatihan paskibraka.”ujar Fathurrahman

Dilanjutkan Fathurrahman,anggota Paskibra Kabupaten Tanggamus yang akan diseleksi ini tentu nantinya adalah pemuda-pemudi terpilih. “Kalian harus bangga jika kelak terpilih sebagai anggota Paskibra, karena untuk menjadi Paskibra ini tidaklah mudah, namun harus melalui seleksi yang ketat dan yang terbaiklah yang terpilih. Kesemuanya itu harus diperjuangkan sejak dini, karena selain memerlukan pengorbanan, juga memerlukan niat, tekad, semangat, dan kerja keras yang tinggi serta keuletan dan ketekunan dari para peserta seleksi itu sendiri,”pesannya.

Sementara Kepala Dispora Tanggamus, Suyanto dalam laporannya mengatakan, kegiatan seleksi dimulai secara maraton sejak 31 Maret 2022 di gedung pertemuan Islamic Center Kotaagung. Kegiatan ini awalnya diikuti 300 pelajar SMA sederajat se Tanggamus dan setelah melalui tahapan praseleksi mengerucut menjadi 81 orang terdiri atas 36,orang laki-laki dan 45 orang perempuan.

“Lalu kembali diseleksi sehingga mengerucut m menjadi 30 orang, 15 laki-laki dan 15 perempuan, dari 30 orang tersebut 7 dikirim untuk mengikuti seleksi paskibraka Provinsi Lampung yang akan dilaksanakan 9-11 Mei 2022,”ujar Suyanto.

Dilanjutkan Suyanto, dalam pelaksanaan seleksi ini disamping menjalani seleksi secara fisik, peserta juga mengalami pembinaan secara mental yang tentunya berguna dalam membangun sikap mental yang diperlukan pada pelaksanaan pengibaran bendera merah putih.

“Rangkaian seleksi yang kita laksanakan ini berpedoman kepada ketentuan yang ada dan dijiwai semangat juang yang tinggi untuk dapat menghasilkan Paskibra yang handal dan dapat membawa nama harum Kabupaten Tanggamus.”pungkas Suyanto.(ral)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here