Arinal Resmikan SMKN 1 Airnaningan

263
Gubernur Lampung Arinal Djunaidi didampingi Bupati Tanggamus Hj Dewi Handajani menandatangani prasasti peresmian SMKN 1 Airnaningan, Tanggamus, Rabu (30/3) Foto Adpim

AIRNANINGAN–Gubernur Lampung, Arinal Djunaidi meresmikan Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) Pertanian Airnaningan Kabupaten Tanggamus, disela kunjungan kerjanya ke Kabupaten Tanggamus Rabu (30/3). Kedatangan gubernur di Bumi Begawi Jejama disambut dengan prosesi adat Lampung berupa arak-arakan, tarian dan atraksi pencak silat, hingga pengalungan selendang belah ketupat oleh Bupati Tanggamus, Hj Dewi Handajani.

Dalam acara tersebut, sekaligus peresmian gedung program revitalisasi dan unit sekolah baru SMA Negeri Pulau Legundi, SMK Provinsi Lampung serta gedung Kantor Cabang Dinas Wilayah III, V, VII, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Provinsi Lampung.

Dalam sambutannya Gubernur Arinal mengatakan, dalam rangka mewujudkan tujuan dan sasaran pembangunan Nasional, termasuk di dalamnya tujuan dan sasaran pembangunan Provinsi Lampung, diperlukan kontribusi dari Pemerintah Kabupaten, Kecamatan hingga Pekon.

“Koordinasi sinergi, partisipasi serta kontribusi antar jenjang Pemerintahan menjadi kunci keberhasilan kita bersama,”kata Arinal.

Dijelaskan gubernur, bahwa Kabupaten Tanggamus sebagai salah satu daerah penghasil komoditas perkebunan antara lain kopi, lada,kakao,alpukat,manggis, papaya dan bawang merah. Dari sektor peternakan, Kabupaten Tanggamus menjadi salah satu penghasil komoditas unggulan yaitu kambing.

“Program yang tengah digalakkan yaitu ICARE (Integrated Corporation of Agricultural Research, Development, and Empowerment) dan Intercropping lada serta mengembangkan Kawasan Industri,”imbuhnya.

Untuk mendukung hal tersebut, lanjut Gubernur Arininal, Pemprov Lampung membangun SMK Negeri Air Naningan guna menfasilitasi tingginya keinginan masyarakat untuk melanjutkan pendidikan anaknya dari SMP ke SMA dan SMK mendorong pemerintah Provinsi Lampung untuk mewujudkan SMK Negeri di Kecamatan Air Naningan.

Selain itu, pembangunan unit sekolah baru juga sebagai implementasi pemerataan pembangunan pendidikan di Provinsi Lampung.Meningkatnya mutu pendidikan bukan hanya ditentukan dan dipengaruhi oleh tujuan pendidikan, peserta didik, pendidik, isi pendidikan, metode pendidikan, alat pendidikan, tetapi juga ditentukan dan dipengaruhi oleh lingkungan pendidikan itu sendiri dalam hal ini masyarakat,”papar gubernur.

Sementara Bupati Tanggamus, Hj.Dewi Handajani atas nama pribadi dan masyarakat Tanggamus mengucapkan terimakasih atas semua pembangunan yang dilakukan oleh Pemprov Lampung melalui Gubernur Arinal.Mulai dari sarana transportasi, infrastruktur, dan lain sebagainya, terutama pembangunan Sekolah SMK Negeri Pertanian Airnaningan, Sekolah di Pulau Legundi, dan yang akan datang di Pulau Tabuan Kecamatan Cukuhbalak.

“Mudah-mudahan suatu saat nanti menjadi SMK Pertanian terpadu dengan lebih banyak fasilitas, penambahan jurusan dan asrama untuk siswa.”kata Dewi Handajani.

Sedangkan, Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Lampung, Sulpakar dalam laporannya mengatakan, SMK Air Naningan mendukung visi Rakyat Lampung Berjaya terutama disektor pertanian.(rls/ral)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here