INACRAFT 2022, Presiden Jokowi Apresiasi Produk Kerajinan Tanggamus

358
Presiden RI Joko Widodo saat melihat kerajinan Kabupaten Tanggamus di ajang INACRAFT 2022 yang berlangsung dari 23 Maret 2022 sampai 27 Maret 2022, di Jakarta Convention Center, Jakarta. Foto Ist

JAKARTA–Presiden RI Joko Widodo mengapresiasi produk kerajinan Kabupaten Tanggamus. Hal itu sebagaimana dikatakan Presiden Jokowi saat mengunjungi stan pameran Dekranasda (Dewan Kerajinan Nasional Daerah) Kabupaten Tanggamus pada ajang International Handicraft Trade Fair (INACRAFT) 2022, yang diselenggarakan pada tanggal 23 Maret 2022 sampai 27 Maret 2022, di Jakarta Convention Center, Jakarta.

“Bagus, bagus,” kata Jokowi sapaan akrab presiden.

Kedatangan orang nomor satu di Indonesia itu disambut hangat oleh Ketua Dekranasda Kabupaten Tanggamus Nur’aini Hamid Lubis didampingi Kepala Dinas Pariwisata Tanggamus Hj Retno Noviana Damayanti dan Kepala Dinas Koperindag Tanggamus Herry Heriadi, serta para pengrajin dan jajaran pengurus Dekranasda Kabupaten Tanggamus.

Inacraft sendiri adalah ajang pameran produk kerajinan terbesar di Asia Tenggara, yang diselenggarakan oleh ASEPHI (Association of Eksporter and Producer of Indonesian Handycraft) yang merupakan wadah bagi produsen dan eksportir handicraft Indonesia atau yang dikenal Asosiasi Eksportir dan Produsen Handicraft Indonesia.

Pada pameran ini, stand Dekranasda Tanggamus menampilkan produk unggulan kerajinan tapis, produk limbah plastik dan ekraf, lukisan bakar serta tas kulit yang dikombinasi dengan tapis khas Tanggamus.

Terpisah, Ketua Dekranasda Tanggamus, Nur’aini Hamid Lubis menyampaikan ucapan terima kasih kepada Presiden Joko Widodo yang telah menyempatkan diri mengunjungi stan Kabupaten Tanggamus. Ia berharap produk kerajinan Tanggamus semakin dikenal dan diminati oleh masyarakat. Khususnya produk olahan limbah plastik oleh UMKM Recycling Village Kabupaten Tanggamus.

“UMKM ini mengubah sampah plastik yang sulit diurai menjadi tas plastik serbaguna dan bernilai. Recycling Village atau Kampung Daur Ulang adalah cita-cita untuk menyelamatkan dampak buruk yang disebabkan sampah plastik terhadap bumi, yang dimulai dari rumah-rumah masyarakat. Recycling Village mengedukasi masyarakat untuk mengurangi penggunaan plastik dan meminta masyarakat untuk menabungkan sampah plastiknya di bank sampah Recycling Village. Kemudian memproduksi sampah plastik tersebut menjadi berbagai jenis kerajinan yang cantik dan menarik,” jelas Nur’aini.

Nur’aini juga menyampaikan terima kasih kepada Bupati Tanggamus Hj. Dewi Handajani, atas dukungan dan bantuan Pemerintah Kabupaten Tanggamus terhadap pengrajin dan UMKM di Kabupaten Tanggamus.

“Kita berharap, mudah-mudahan kedepan produk kerajinan Tanggamus akan semakin dikenal, produknya semakin baik, pelaku kerajinan bertambah, sehingga kesejahteraan pengrajin dan UMKM Tanggamus meningkat,” tutupnya.(rls/ral)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here