Pemkab Tanggamus Raih Penghargaan IGA 2021 Kategori Kabupaten Terinovatif

361
Bupati Tanggamus Hj Dewi Handajani saat mendengarkan arahan Mendagri Tito Karnavian disela penyerahan penghargaan IGA 2021. Foto Diskominfo

KOTAAGUNG–Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tanggamus menerima penghargaan Innovatif Goverment Award (IGA) tahun 2021 dengan kategori kabupaten terinovatif. Penghargaan diserahkan langsung oleh Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian melalui virtual dan diterima Bupati Tanggamus Hj. Dewi Handajani, Rabu (29/12).

Mendagri, Tito Karnavian, dalam sambutannya menyampaikan bahwa terobosan terobosan kreatif dan inovatif pemerintahan sesuatu yang sangat diperlukan dan akan menciptakan iklim kompetitif. Mendagri juga menghendaki semua daerah di Indonesia menciptkan inovasi sehingga daerah tersebut dapat ikut serta dalam penilaian.

“Agar daerah yang lain, berlomba-lomba untuk dapat penghargaan inovasi, dan publik akan menilai dari berbagai aspek,”kata Tito.

Sementara, itu Bupati Hj. Dewi Handajani, menyampaikan rangkaian sebelum ditetapkannya Tanggamus meraih penghargaan IGA. Pemkab Tanggamus telah mengirimkan kurang lebih 350 inovasi hasil gagasan organiasi perangkat daerah (OPD), hasilnya setelah melalui rangkaian verifikasi oleh panitia yakni dari Balitbang Kemendagri,Tanggamus masuk dalam nominator, setelah itu dilakukan verifikasi wawancara dan paparan secara langsung.

“Tahun yang lalu Kabupaten Tanggamus mendapat kategori kabupaten sangat inovatif. Dan Alhamdulillah pada tahun ini naik levelnya, menjadi kabupaten ter-inovatif,”kata Dewi Handajani.

Diraihnya capaian tersebut, menurut Bunda Dewi merupakan suatu kebanggaan dan menjadi motivasi bagi semuanya. Hal itu karena dengan adanya inovasi langkah langkah percepatan dalam pencapaian tujuan akan mudah dilaksanakan, terlebih tanpa inovasi hasil yang akan diraih tidak akan berjalan secara maksimal.

“Mohon doanya kepada masyarakat Tanggamus, mudah mudahan segala program program inovatif yang telah kami buat di Kabupaten Tanggamus akan dapat menunjang pelayanan, pembangunan dan tata pemerintahan menjadi lebih baik lagi kedepan,”ujar bupati

Masih dalam kaitan penerima IGA tahun 2021. Ada 31 pemerintah daerah yang masuk dalam terkategori terinovatif, sementara 14 pemerintah daerah lainnya meraih penghargaan sangat inovatif. Tahapan pengukuran dan penilaian IGA diantaranya penjaringan, sosialisasi dan pengumpulan data inovasi daerah ( pelaporan secara elektronik).

Kemudian pengukuran menganalisis variabel, indikator dan eviden input indeks inovasi daerah penilaian, lalu kemudian kepala daerah mempresentasikan inovasi daerah untuk dinilai oleh tim K/L, serta melakukan validasi.

Selain Mendagri Tito Karnavian, turut hadir dalam penyerahan penghargaan secara virtual PLH Penelitian dan Pengembangan,Dr. Eko Prasetyo, para gubernur, walikota dan bupati se Indonesia.

Dari jajaran Pemkab Tanggamus yang mendampingi bupati dalam kegiatan tersebut yakni, Kabid Penelitian Pengembangan Hasriansyah Siregar mewakili Kepala Bappelitbang Hendra Wijaya Mega, Kasubbid Litbang Inovasi dan Teknologi, Rio Apriansyah, Kasubbid Litbang sosial dan pemerintahan Ivan Rinaldo, Kasubbid litbang ekonomi dan pembangunan, Nur Andrean Pratama.(*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here