Kunjungi Kelumbayan,Bupati Ingatkan Warga Selalu Waspada

324

KELUMBAYAN–Bupati Tanggamus Hj Dewi Handajani mengunjungi sejumlah pekon di Kecamatan Kelumbayan dan Kelumbayan yang terdampak bencana banjir dan tanah longsor. Kedatangan bupati pada Jumat sore (17/12) itu didampingi Kepala Pelaksana BPBD Tanggamus, Kepala Dinas Sosial (Kadisos) Zulfadli, Kadis Ketahanan Pangan,Tanaman Pangan dan Hortikultura Catur Agus Dewanto dan Camat Kelumbayan Noval Syahri.

Dalam tinjauannya bunda Dewi melihat sungai yang sempat meluap sehingga menyebabkan banjir di Pekon Napal, Pekon Unggak dan Peyandingan. Lalu bupati juga meninjau Pekon Batu Patah Kecamatan Kelumbayan Barat yang diterang longsor. Lalu bunda Dewi meninjau dapur umum di Kantor Kecamatan Kelumbayan, lahan pertanian. Bupati juga dalam kesempatan tersebut memberikan bantuan bahan pokok kepada warga dan juga bantuan langsung kedapur umum.

Menurut bupati, langkah cepat sudah dilakukan Pemkab Tanggamus dalam menangani musibah banjir dan tanah longsor yang menerjang Kecamatan Kelumbayan dan Kelumbayan Barat.

“Beberapa langkah akan kami ambil dalam waktu dekat salah satunya adalah menginventarisir dari pertanian berapa luas sawah yang terdampak dan program apa yang akan di lakukan seperti pembangian bibit atau lainnya,”kata Dewi

Dilanjutkan bupati, agar kejadian banjir tidak terulang, Pemkab Tanggamus akan berkoordinasi dengan Pemprov Lampung agar sungai-sungai yang ada di Kecamatan Kelumbayan di Bronjong.

“Kita usulan untuk pembangunan Bronjong ke provinsi.Mudah-mudahan bisa terakomodir usulan tersebut,” ucapnya.

Bunda Dewi juga mengimbau kepada masyarakat terutama yang bermukim di bantaran sungai untuk berpindah ketempat yang lebih aman.”Bantaran sungai itu sebetulnya bukan untuk pemukiman, maka dari itu silahkan berpindah ketempat lebih aman, dan selalu waspada sebab sekarang masuk musim penghujan,”kata bupati.(ral)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here