Kerjasama Dengan BPN, BPKD Gagas Inovasi Bapak Hots

414
Wakil Bupati Tanggamus. Hi. AM. Syafi'i memberikan penghargaan kepada Kepala BPKD Tanggamus Suadi berkat inovasi BAPAK HOTS kerjasama BPKD dengan BPN. Foto Diskominfo

TANGGAMUS–Badan Pengelola Keuangan Daerah (BPKD) Kabupaten Tanggamus melakukan inovasi dengan membuat aplikasi bea perolehan hak atas tanah dan bangunan (BPHTB). Aplikasi ini nantinya terintegrasi dengan Badan Pertanahan Nasional (BPN).

Kepala BPKD Tanggamus, Suaidi melalui Kabid Penetapan, Pendataan, Pembukuan dan Pelaporan Pendapatan, Mario Eka Baweus mengatakan, inovasi tersebut merupakan hasil kerjasama yang ditindaklanjuti dengan memorandum of understanding (MoU) antara BPN dengan BPKD atau host to host (Bapak Hots) di bidang pembuatan sertifikat BPHTB.

“Aplikasi pajak BPHTB, yang dikelola oleh BPKD terintegrasi dengan BPN dalam penerbitan sertifikat, sehingga dalam pelaksanaannya lebih akuntabel, karena setiap sertifikat yang diterbitkan oleh BPN dipastikan telah membayar pajak BPHTB,”kata Mario, Minggu (12/12).

Mario menerangkan, integrasi aplikasi tersebut mulai dilaksanakan pada September 2021 lalu. Inovasi tersebut dicetuskan sebagai salah satu cara untuk mengoptimalkan peningkatan penerimaan pajak BPHTB, serta sebagai bentuk implementasi terhadap kebijakan pemerintah pusat terkait dengan sistem pelayanan berbasis elektronik (SPBE).

“Dimana selama ini proses penatausahaan pajak BPHTB, masih manual dan belum menggunakan aplikasi, harapannya dengan adanya inovasi tersebut dapat memberikan kemudahan pelayanan pajak BPHTB, sehingga penerimaan pajak bisa optimal,”jelas Mario.

Sementara itu masih kaitannya dengan inovasi daerah. Pemkab Tanggamus memberikan penghargaan kepada organisasi perangkat daerah (OPD). Salah satu OPD yang mendapatkan penghargaan yang diserahkan oleh Wakil Bupati Tanggamus Hi. AM. Syafi’i tersebut ialah BPKD Tanggamus dengan inovasi BAPAK HOTS.

Kegiatan yang berlangsung di Ballroom Hotel Emersia, Jumat (10/12) itu dihadiri Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Kemendagri Agus Fatoni, Narasumber dari Kemendagri, Asisten, Staf Ahli Bupati, Kepala OPD dan Camat Pemkab Tangggamus, serta diikuti secara virtual oleh lurah dan kepala pekon se Kabupaten Tanggamus.

Wabup AM. Syafi’i dalam sambutannya mewakili Bupati Tanggamus mengatakan, kegiatan tersebut dilakukan sebagai bentuk kesungguhan Pemerintah Kabupaten Tanggamus untuk meraih Predikat Daerah Terinovatif dalam Innovative Government Awards (IGA) Tahun 2021.

“Melalui inovasi dalam penyelenggaraan pemerintahan daerah dan pelayanan publik, arah kebijakan pemerintah abad 21 adalah ‘To Change and Innovate’. Oleh karena itu masing-masing perangkat daerah harus mampu menciptakan kegiatan berbasis kepada inovasi,”ujar Syafi’i.(iqb)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here