11 Personel Basarnas Latihan Evakuasi Ketinggian

187
Latihan Ketinggian: 11 Personil Basarnas mengikuti latihan evakuasi korban di ketinggian. Latihan yang berlangsunng di air tejun tirai, pekon Datarlebuay, Kecamatan Airnaningan tersebut akan dilaksanakan selama dua kali, latihan tersebut bertujuan untuk melatih keterampilan personil Basarnas. Foto Basarnas

AIRNANINGAN–Badan SAR Nasional (Basarnas) menggelar latihan evakuasi korban di ketinggian (HART), Selasa (10/8). Latihan yang berlokasi di Air Terjun Tirai, pekon Datarlebuay, Kecamatan Airnaningan tersebut melibatkan 11 personel.

Koordinator Pos SAR Tanggamus,Hendra Wahyu Putra mengatakan, ke 11 personel yang dilibatkan dalam latihan tersebut terdiri dari tujuh personel Basarnas dan empat potensi SAR Tanggamus. Tujuan diadakannya latihan ini untuk melatih keterampilan personel Basarnas dalam hal ini Pos SAR Tanggamus dan juga potensi SAR yang terlibat agar operasi SAR dapat berjalan dengan baik dan zero accident.

“Kegiatannya dilaksanakan selama satu hari. Untuk sementara, program latihan evakuasi di ketinggian akan dilaksanakan dua kali, pertama tanggal 9 Agustus dan kedua di akhir bulan,”kata Hendra Wahyu.

Hendra menjelaskan, selain latihan ketinggian pihaknya juga telah melaksanakan latihan selam pada bulan Juni lalu, lalu Juli latihan penyelamatan di laut dan Agustus latihan ketinggian. Latihan di ketinggian dilakukan bukan tanpa alasan, hal ini lantaran melihat topografi Tanggamus sebagian besar pegunungan.

“Latihan evakuasi ini berguna saat melakukan pertolongan korban di ketinggian, baik gunung, sumur dan tebing,”ujarnya.

Pelatihan Potensi SAR, lanjutnya merupakan program dari Basarnas Lampung. Pelatihan serupa telah berjalan beberapa waktu lalu di Lampung Timur dengan melibatkan masyarakat, kembali kegiatan itu akan dilakukan pada akhir bulan Agustus mendatang.

“Akhir bulan ini di Wira Garden, namun belum menyentuh untuk masyarakat Tanggamus, kami masih akan membina kelompok kelompok kecil masyarakat terlebih dahulu, dan saya akan memprioritaskan kegiatan ini untuk masyarakat Tanggamus agar supaya masyarakat Tanggamus lebih maju dan peduli akan keselamatan,”tandasnya. (iqb).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here