BLT-DD masih Jadi Prioritas

800

KOTAAGUNG – Pemerintahan Pekon Benteng Jaya, Kecamatan Kotaagung, Kabupaten Tanggamus, pada tahun ini akan memfokuskan pengelolaan Dana Desa (DD) untuk tujuh rancangan program yakni Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT-DD), penanggulangan Covid, Sustainable Development Goals (SDGs) penanggulangan Sampah, Semua Bisa Sekolah (SBS) , Balai Pelatihan, dan Peningkatan Aparatur.

Sekertaris Pekon (Sekdes) Benteng Jaya Pujo Hartono mengatakan, dari ketujuh program tersebut yang paling diutamakan adalah program BLT-DD, karna menurutnya hal itu bertujuan untuk membantu perekonomian masyarakat yang terdampak pandemi Covid-19.

“Untuk tahun 2020 lalu Keluarga Penerima Manfaat (KPM) di Pekon Benteng Jaya ini perterminya selalu berubah jadi total KPM hingga termin ketiga sekitar 108 KPM. Namun di tahun 2021 ini jumlahnya berkurang hanya sekitar 70 KPM saja,” kata Pujo.

Pengurangan jumlah KPM tersebut lanjut Pujo, hal itu di karnakan ada beberapa KPM yang mendapatkan bantuan Sosial lain dari pemerintah sehingga mengakibatkan terjadinya pengurangan jumlah KPM di Pekon Benteng Jaya tersebut.

“Setelah kami validasi lagi, bahwa ada beberapa KPM yang menerima bantuan dari bansos lain, karna tidak boleh double jadi ada pengurangan untuk KPM BLT-DD,” bebernya.

Ia juga menjelaskan penyaluran DD di Pekon Benteng Jaya tersebut tidak hanya di fokuskan untuk BLT-DD saja namun Untuk penanggulangan Covid sekitar 8% dari Anggaran DD, lalu untuk SDGs yang bertujuan untuk Indeks Desa Membangun (IDM), Kemudian untuk penanggulangan Sampah.

“Selanjutnya untuk program Sbs itu maksudnya begini ada program dari Pemerintah yang memang di anjurkan ke pada pekon agar pekon tersebut menganggarkan sebuah pendidikan Paket C ke pada masyarakat yang dulunya sekolah SMP namun tidak bisa melanjutkan ke SMA, tapi hal itu di batasi minimal 3 orang. Lalu untuk Balai Pelatihan itu kita adakan sebuah pelatihan terhadap Polisi dan Babinsa tentang keamanan serta peraturan, kemudian untuk peningkatan Aparatur Pekon,” paparnya.

Ia berharap dengan adanya DD di pekon Benteng Jaya tersebut bisa di manfaatkan secara baik dan di salurkan kepada masyarakat . “Dan semoga desa Benteng Jaya kita ini, yang tadinya hanya desa berkembang bisa menjadi desa maju, jadi intinya apa yang menjadi program pemerintahan itu kita laksanakan dan mudah-mudahan semuanya bisa sampai pada sasarannya,” harapnya. (dri)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here