Terbitkan Akta Pernikahan, Disdukcapil Gandeng Pemuka Agama

54

KOTAAGUNG–Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Tanggamus terus berupaya meningkatkan kesadaran masyarakat di Bumi Begawi Jejama tentang pentingnya dokumen kependudukan salah satunya akta pernikahan.

Sekretaris Disdukcapil Tanggamus, Darma Setiawan mewakili Kepala Disdukcapil Tanggamus Maradona mengatakan, untuk menyukseskan hal itu pihaknya bekerja sama dengan tokoh agama, pesantren dan tempat ibadah agama untuk penerbitan akta pernikahan.

“Kami kerjasama dengan pesantren, gereja dan pura dan agama lainnya supaya ada laporan dengan pernikahan secara agama. Itu nantinya akan kami terbitkan akta pernikahan,” kata Darma, kemarin.

Ia mengaku, hal itu adalah upaya jemput bola untuk pengurusan akta pernikahan dan juga kartu keluarga (KK). Karena berdasarkan pengalaman selama ini, ada banyak pernikahan agama tidak tercatat dalam dokumen kependudukan.

“Jadi ke depan untuk yang menikah di gereja atau tempat ibadah lain, bentuknya pernikahan agama akan kami terbitkan dokumennya,” ucap Darma.

Dengan cara seperti itu, lanjut Darma, maka masyarakat yang menikah secara agama dapat segera miliki akta pernikahan dan itu diperlukan, baik bagi mempelai dan administarasi kependudukan.

“Semua pengurusan, pemuka agama, dan pihak-pihak rumah ibadah sudah kami datangi. Dan respon mereka bagus dan program ini tidak dipungut biaya sepeserpun alias gratis,”terang Darma.

Ia menjelaskan, pihaknya memang terus berupaya meningkatkan pelayanan kependudukan, apa pun bentuknya. Sebab dokumen tersebut sangat penting demi kebaikan masyarakat sendiri.

“Program ini masih baru, memang baru kami luncurkan. Dan sudah dilakukan penandatanganan kerjasamanya dengan pemuka agama, ini demi peningkatan pelayanan dan juga untuk dokumen kependudukan,” pungkas Darma.(ral)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here