Harwin Sofyan Wujudkan Harapan Warga

912
Harwin Sofyan, S.IP (Pj Kepala Pekon Way Panas)

BANGUN LAPANGAN SEPAK BOLA

WONOSOBO – Keinginan masyarakat Pekon Way Panas, Kecamatan Wonosobo, Kabupaten Tanggamus, untuk memiliki sarana olahraga akhirnya terwujud. Itu setelah Pemerintah Pekon Way Panas dibawah pimpinan Pj Kepala Pekon Harwin Sofyan, S.IP, merealisasikan pengadaan tanah untuk dijadikan lapangan sepak bola.

Pengadaan tanah dengan ukuran sekitar 5.100 meter persegi yang terletak di Dusun I itu direalisasikan menggunakan Dana Desa, dengan menelan anggaran dana sebesar Rp250 juta.

Lapangan Sepakbola yang dibuat Pemerintah Pekon Way Panas bersama masyarakat setempat.

Pj Kepala Pekon Way Panas, Harwin Sofyan, S.IP mengatakan, kebutuhan akan fasilitas olahraga tersebut memang sangat dinantikan warga, utamanya para pemuda dan pecinta bola.

“Sebelumnya tanah ini adalah kebun pisang, namun dengan semangat dan antusias yang tinggi kita ajak masyarakat untuk bergotong-royong menjadikan tanah ini sebagai lapangan sepak bola,” kata Harwin Sofyan didampingi Sekretaris Pekon Husni Thamrin, Selasa (5/1).

Kebun pisang yang disulap masyarakat Pekon Way Panas jadi lapangan sepak bola.

Selain untuk lapangan sepak bola, Harwin menambahkan, tanah tersebut nantinya akan digunakan sebagai tempat untuk berdirinya Gedung Balai Pertemuan Rakyat (BPR). Kedepanya seluruh kegiatan pekon akan dipusatkan di lokasi tersebut.

“Awalnya pembangunan Gedung BPR direncanakan pada Tahun 2020, namun karena pandemi Covid-19 sehingga pembangunanya terpaksa harus ditunda karena anggaranya dialihkan untuk penanggulangan Covid-19,” ujar Harwin.

Selain lapangan sepak bola, di lokasi tanah tersebut bakal dibangun gedung Balai Pertemuan Rakyat.

Harwin menjelaskan, jika pengadaan tanah untuk lapangan sepak bola dan Gedung BPR itu belum dibayarkan sepenuhnya, melainkan baru 50 persen dan sisanya akan di bayarkan pada tahun 2021 ini.

“Yang sudah dibayarkan baru Rp125 juta, karena dananya tidak mencukupi akibat pengalihan anggaran untuk BLT-DD. Dan kita juga sudah melakukan musyawarah desa khusus (Mudesus) terkait hal itu yang dihadiri Camat, Inspektorat, Dinas PMD serta pihak terkait dan disepakati bahwa sisa pembayarannya akan dilunasi pada Tahun 2021,” terangnya.

Sementara itu, Tokoh Masyarakat setempat, Sofyan bersyukur atas direalisasikanya pengadaan tanah untuk dijadikan lapangan sepak bola oleh Pemerintah Pekon Way Panas.

“Masyarakat disini memang sudah sejak lama mendambakan adanya lapangan sepak bola. Dan Alhamdulillah sekarang keinginan masyarakat terwujud berkat adanya Dana Desa,” ungkapnya.

Aparat Pekon Way Panas

Diketahui, pada Tahun 2020 Pemerintah Pekon Way Panas mendapat kucuran dana sebesar Rp 1.549.244.770 yang bersumber dari Dana Desa, Alokasi Dana Desa serta Bagi Hasil Pajak dan Retribusi.

Dana tersebut selain digunakan untuk pengadaan tanah, juga difokuskan untuk bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT-DD) yang disalurkan kepada 181 Keluarga Penerima Manfaat (KPM).

Kemudian, untuk pembangunan 470 unit lampu jalan yang dipasang di setiap rumah dari Dusun I hingga Dusun IV. Lalu untuk penanggulangan Covid-19 diantaranya seperti sosialisasi pencegahan Covid-19, pendirian posko Covid-19 serta sarana dan prasarananya, pembagian masker ke masyarakat serta penyemprotan disinfektan secara rutin di lingkungan pekon. Dan untuk insentif Kader Posyandu, Guru Ngaji, Guru Paud, dan lainya. (Uji)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here