Musim Hujan, Banjir Kepung Pringsewu

948

PRINGSEWU – Hujan deras yang menguyur Kabupaten Pringsewu pada Selasa (15/12/20) siang membuat tidak hanya mengenangi ruas jalan melainkan sedikitnya 5 rumah dan 1 musola terendam banjir di komplek RT. 02 RW.03 Kelurahan Pringsewu Selatan.

Kabid Logistik dan Kedaruratan BPBD Pringsewu Sugeng mewakili Kepala BPBD setempat Edi Sumber Pamungkas mengatakan data yang masuk ada 5 rumah dan satu musola kebanjiran sekitar pukul 15.30 wib sampai 23.00, wib.

“Banjir yang meredam pemukiman warga disebabkan sudah mulai menyempit saluran drainase tidak berfungsi dengan baik. Akibat banjir itu untuk kerugian sekitar Rp 5 jutaan, ” ucap Sugeng kepada wartawan, Rabu (16/12/20).

Untuk diketahui seperti diberitakan sebelumnya, Sejumlah ruas jalan di Kabupaten Pringsewu tergenang air usai hujan lebat mengguyur sebagian besar wilayah di Bumi Jejama Secancanan sekitar pukul 14.00 WIB,
Kemacetan pun terjadi lantaran pengendara harus berhati-hati agar tidak masuk lobang yang tertutup genangan banjir.

Salah satu lokasi yang menjadi genangan akibat hujan yakni Jalan lintas barat (Jalinbar) di Jalan Jenderal Ahmad Yani, tepat di depan Dealer Yamaha. Pantauan Radar Tanggamus, ruas jalan tertutup genangan cukup tinggi, hingga mencapai lutut orang dewasa.

Hal tersebut memicu barisan panjang kendaraan dengan laju lambat, yang tampak antre melintasi lokasi yang menjadi langganan genangan air tiap kali diguyur hujan.

Para pengguna sepeda motor pun harus berjibaku demi bisa menerobos tingginya genangan.

Kemudian, ruas jalan yang tergenang lainnya berada di Jendral Sudirman dekat masjid taqwa hingga depan toko gajah Lampung Pringsewu. Selain itu juga jalan KH. Ghalib, salah satu ruas jalan arah uta ra daerah berjuluk Kota Bambu. Sama halnya di Jalan Jenderal Ahmad Yani, yang menjadi kawasan protokol langganan banjir, ruas jalan mulai dari depan Karoke hingga radius 300 meter ke arah utara kerap di landa banjir kala musim penghujan.

Sementara, beberapa lokasi juga terpantau mengalami genangan air akibat hujan selama hampir dua jam siang tadi. Yakni, ruas jalan depan Sorum Dewa Motor dan ruas jalan belakang Bank BRI Pringsewu.

“Baru lima titik jalan yang terpantau terendam banjir. Tapi, Alhamdulillah sudah mulai surut semua , ” ungkap Kabid Logistik dan Kedaruratan BPBD Pringsewu Sugeng mewakili Kepala BPBD setempat Edi Sumber Pamungkas. (Mul)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here