Jelang Natal Harga Bahan Pokok Merangkak Naik

317

KOTAAGUNG–Menjelang natal dan tahun baru 2021, harga bahan pokok di Pasar Kecamatan Kotaagung mulai merangkak naik. Meski demikian, kenaikan belum signifikan dan masih dalam batas toleransi.

Pantauan Radar Tanggamus di Pasar Kotaagung, sejak dua hari terakhir, harga cabai rawit mengalami kenaikan. Jika sebelumnya di kisaran harga Rp 35 ribu sampai Rp 40 ribu per kilogram, kini harganya naik menjadi Rp 46 ribu per kilogram.

Salah satu pedagang di Pasar Kotaagung, Siti mengatakan, hampir semua jenis cabai mengalami kenaikan harga. “Naik semua rata-rata. Cabi rawit, cabai merah, Sudah beberapa hari ini. Sebelumnya harga cabai merah berkisaran Rp 40 ribu naik menjadi Rp. 46 ribu perkilogram, begitu juga dengan cabai rawit sebelumnya masih Rp. 30-35 sekarang naik menjadi Rp 40 ribu perkilogram,” katanya, Minggu, (13/12).

Ia mengatakan, kenaikan harga cabai itu disebabkan pasokan dari luar daerah yang berkurang akibat curah hujan tinggi yang mengakibatkan tanaman cabai busuk. Saat ini, sebagian besar para pedagang mendapatkan pasokan cabai dari luar daerah.”Kami yakin kenaikan harga cabai terus meningkat,” ujarnya.

Meski demikian, omzet pendapatan cabai masih relatif stabil, karena permintaan cabai banyak dari kalangan ibu rumah tangga dan pedagang warungan.”Sudah biasa kenaikan harga cabai itu terjadi jika memasuki musim penghujan, juga menjelang Natal dan Tahun Baru,” katanya.

Sementara itu, linda (26) seorang ibu rumah tangga mengeluhkan kenaikan harga cabai yang terus terjadi. “Harga cabai yang mahal memberatkan, karena bagi saya cabai termasuk dalam kebutuhan pokok yang harus ada setiap hari,”pungkasnya.(Ark)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here