TK IT Teladan Kotaagung Maju Ketingkat Nasional Lomba UKS

566

KOTAAGUNG–Taman Kanak-kanak (TK) Islam Terpadu Teladan Kotaagung dipercaya mewakili Provinsi Lampung untuk mengikuti Lomba Sekolah Sehat-Usaha Kesehatan Sekolah (LSS-UKS) tingkat nasional tahun 2020. Berbagai persiapan pun telah dilakukan baik TK IT Teladan Kotaagung maupun stakeholder terkait.

Menurut Kasi Ketenagaan, Dinas Pendidikan (Disdik) Tanggamus, Zainal Yulianto mewakili Plt Kepala Disdik Tanggamus,Sukisno, TK IT Teladan Kotaagung sudah melalui proses yang panjang dan seleksi ketat untuk sampai maju ketingkat nasional.

“Tahapan untuk sampai bisa maju ketingkat nasional ini cukup panjang, diawali seleksi kecamatan, lalu melaju keseleksi tingkat kabupaten, hingga terpilih mewakili Provinsi Lampung,” ujar Zainal.

Dilanjutkan Zainal, jika penilaian LSS-UKS, seharusnya dilakukan tahun 2020 ini tapi karena pandemi jadi tertunda.”Untuk tim penilai turun ke TK IT Teladan Kotaagung ini dijadwalkan Maret 2021,sekarang lagi persiapan dan beberapa pembenahan seperti ruang Musala, ruang UKS agar lebih representatif lagi serta penambahan toilet,”kata dia.

Masih kata Zainal bahwa, agar TK IT menjadi juara dalam LSS-UKS kategori TK, perlu dukungan semua pihak, bukan hanya pemerintah daerah dan warga sekolah saja.”Peran swasta dan lingkungan sekitar sekolah juga sangat diperlukan dukungannya, misal 100 meter persegi dari lingkungan sekolah itu harus bersih,tidak boleh ada sampah berserakan,”pungkasnya.

Sementara Kepala TK IT Teladan Kotaagung, Rusmansyah, mengaku optimis, TK IT bisa menjadi yang terbaik dalam penilaian LSS-UKS tingkat Nasional. Ia juga menyatakan bahwa sudah melakukan berbagai persiapan seperti pembentukan kelompok kerja (Pokja) yang didalamnya adalah murid dari TK IT Teladan Kotaagung dan pembenahan beberapa sarana pendukung.

“Kami sangat senang dan bersyukur atas amanah yang diberikan. Untuk meraih hasil terbaik maka perlu dukungan semua pihak baik dari Pemkab Tanggamus, orang tua serta lingkungan,” ujar Rusmansyah.

Dilanjutkan Rusmansyah bahwa dengan mengikuti kegiatan LSS-UKS harapannya adalah perubahan prilaku dari tidak sehat menjadi sehat, khususnya warga sekolah dan lingkungan sekitar sekolah.

“Kita warga sekolah sebagai pelaksanaan dari UKS itu sendiri akan melibatkan orang tua murid, setelah kami berikan edukasi kepada murid, harapannya dibawa ke lingkungan keluarga,”ucapnya.

Masih kata Rusmansyah jika saat ini masih ada beberapa ‘PR’ yang harus diselesaikan seperti meng-upgrade ruang UKS dan memperbanyak toilet.”Sejumlah kekurangan itu kalau dilakukan gotong royong dengan pemda saya rasa bisa dan Insya Allah TK IT Teladan Kotaagung bisa jadi pemenang,”pungkasnya.(ral)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here