Nuzul Minta Pelayanan Kesehatan di Daerah Terpencil Ditingkatkan

92

KOTAAGUNG–Anggota DPRD Kabupaten Tanggamus, Nuzul Irsan meminta Dinas Kesehatan (Diskes) Tanggamus bersikap tegas dalam mengawasi tenaga kesehatan yang ditempatkan di daerah terpencil, ini bertujuan untuk memberikan kemudahan maupun peningkatan layanan kesehatan sebagaimana yang dicanangkan oleh pemkab dalam upaya memberikan jaminan layanan kesehatan kepada masyarakat secara baik dan maksimal.

Menurut Nuzul, sejauh ini masih ada masyarakat khususnya daerah terpencil yang belum mendapatkan pelayanan kesehatan secara baik. Padahal kesehatan merupakan kebutuhan yang tidak bisa ditawar-tawar. “Persoalan seperti ini masih banyak terjadi di sejumlah wilayah-wilayah terpencil,”katanya.

Ia melanjutkan, wilayah yang dimaksud seperti daerah seberang lautan atau di Kecamatan Pematangsawa. Disana ada beberapa pekon masyarakatnya yang sakit harus ke Kotaagung untuk mendapatkan pengebotan. Ini karena diwilayah itu tidak ada dokter. Nah, kalaupun ada jarang di tempat.”Keluhan ini kerap kali terdengar. Pemerintah harus tegas menyikapi masalah ini. Banyak masyarakat yang belum mendapatkan pelayanan kesehatan secara prima,”ujar Odo Nuzul sapaan akrabnya.

Anggota Fraksi PKB itu mengaku, jika memang ada petugas kesehatan yang ditugaskan diwilayah terpencil tidak menjalankan tugasnya, sehingga harus diberikan sanksi karena biasanya mereka yang diberikan tugas itu tidak betah dan mengajukan surat pindah.”Program kesehatan perlu di benahi lagi, terutama mereka sebagai tenaga medisnya,”ujarnya.

Lebih jauh ia menjelaskan, pelayanan kesehatan itu bukan hanya bersifat pengobatan biasa, melainkan pertolongan anak dan ibu disaat melahirkan. Nah, jika diwilayah itu tidak ada dokter maka ancaman yang mengarah ke negatif terhadap ibu dan si bayi akan nampak di depan mata.” Tidak jarang kami mendengar ada diantara warga yang sakit dengan terpaksa harus meminta pertolongan sang bidan guna di kecamatan lain untuk mendapatkan penyembuhan. Hal seperti inilah yang perlu diperhatikan oleh kita semua,”tutupnya. (Zep)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here