Terpapar Covid-19, Satu ASN Tanggamus Wafat

358
Ilustrasi Net

KOTAAGUNG–Angka kematian pasien positifnya Covid 19 di Kabupaten Tanggamus bertambah satu, sehingga sekarang total ada empat kematian terkonfirmasi. Pasien yang meninggal tersebut adalah pasien nomor 106 seorang ASN Pemkab Tanggamus alamat Talangpadang.

Menurut Juru Bicara Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Kabupaten Tanggamus dr Eka Priyanto, pasien yang meninggal merupakan kasus baru.

“Sagas Penanganan Covid-19 Kabupaten Tanggamus menyampaikan rasa duka mendalam. Semoga almarhum meninggal keadaan syahid, diampuni dosanya, diterima amal ibadahnya. Keluarga yang ditinggalkan senantiasa tabah dan dapat kemudahan dari Allah SWT,” ujar Eka melalui rilis yang dikirimkan Selasa sore (17/11).

Pasien 106 adalah seorang ASN di Dinas Perikanan Tanggamus berinisial SB, riwayat perawatan pasien pada Sabtu 14 November 2020, pukul 10.30 WIB datang ke IGD RSUD Batin Mangunang Kotaagung untuk berobat dengan keluhan lemas, sesak napas. Dua hari sebelumya pasien 106 pernah berobat ke RS Surya Asih, Pringsewu dengan mengeluhkan badan panas, mual, nyeri ulu hati, dan kembung. Kemudian dirapid tes dengan hasil reaktif.

Lalu pukul 12.25 WIB, pasien mengalami penurunan kesadaran. Pada nadi tidak teraba, napas tidak ada, dan terjadi henti jantung.Pukul 12.30 WIB, oleh tenaga medis dilakukan RJP pada pasien, tidak ada perbaikan pada pasien. Dan pada pukul 12.41 WIB, pasein dinyatakan meninggal dan dihadapan keluarga, dan dilakukan swab nasofaring pada almarhum.”Hasil swab keluar pada 16 November 2020 dengan hasil SARS-COV2 positif,” terang Eka.

Pasien 106 ini salah satu dari 10 kasus tambahan yang terkonfirmasi positif Covid-19 di Kabupaten Tanggamus, sehingga saat ini total ada 115 kasus terkonfirmasi positif Covid-19. Dari tambahan 10 kasus ini dalamnya terdiri tiga kasus baru, rinciannya satu kasus berita duka, dan tujuh kasus lainya hasil tracing.

Untuk pasien nomor 107 adalah seorang perempuan dari Talang Padang berusia 38 tahun. Lalu pasien 108, seorang laki-laki berusia 51 tahun dari Kecamatan Kota Agung. “Pada pasien 107 dan pasien 108 karena tidak bergejala maka pasien isolasi mandiri yang dipantau oleh satuan tugas kecamatan dan satuan tugas pekon,” jelas Eka.

Selanjutnya pasien hasil tracing diidentifikasi nomor 109 sampai 112 adalah hasil tracing pasien nomor 98 dari Kecamatam Gisting yang saat ini dirawat di Bandar Lampung. Lalu untuk pasien 113 sampai 115 adalah hasil tracing dari pasien nomor 80 di Kota Agung. Rinciannya, pasien nomor 113, laki-laki berusia 54 tahun di Kota Agung; pasien 114, perempuan 17 tahun di Kota Agung, pasien 115, laki-laki berusia 20 tahun di Kota Agung.

“Para pasien dilakukan isolasi di RSUD Batin Mangunang untuk mendapatkan penanganan dan tindakan lebih lanjut sesuai tatalaksana penangan kasus Covid-19,” papar Eka.

Selanjunya Satuan Tugas Covid-19 Tanggamus akan melakukan tracing bagi orang yang kontak erat dengan para pasein.Dilakukan pemnyemprotan disinfektan dingkungan pasien. Melakukan edukasi ke masyarakat tentang pentingnya mematuhi protokol kesehatan.

“Lalu melakukan penutupan sementara selama tiga hari pada kantor Dinas Kelautan dan kantor Dinas Pariwisata, untuk dilakukan penyemprotan disinfektan,”sebut Eka.

Selain kabar duka, Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Tanggamus juga membawa kabar baik yakni sebanyak 15 pasien Covid-19 yang dirawat di RSUD Batin Mangunang Kotaagung dinyatakan sembuh dan sudah dipulangkan. Ke 15 pasien sembuh tersebut merupakan warga Kecamatan Kotaagung yang tersebar di Kelurahan Kuripan, Pasar Madang, Negeri Ratu dan Terbaya.

“Mereka yang sudah dinyatakan sembuh tetap harus melaksanakan protokol kesehatan untuk menghindari penularan ulang dari lingkungannya,”pungkas Eka.(ral)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here