Peringati HKN, Kecamatan Wonosobo Gencar Sosialisasi 3M

179

WONOSOBO – Dalam rangka memperingati Hari Kesehatan Nasional Ke-56 Tahun 2020, Pemerintah Kecamatan Wonosobo gencar melakukan sosialisasi protokol kesehatan, Kamis (12/11).

Camat Wonosobo Edi Fahrurrozi mengatakan, sosialisasi yang dilakukan dengan menggunakan mobil ambulans di masing-masing pekon yang ada di wilayah Kecamatan Wonosobo itu dilakukan sebagai upaya penanggulangan pencegahan untuk memutus mata rantai Covid-19.

“Perlu dilakukan adaptasi kebiasaan baru untuk memutus mata rantai Covid-19 yakni dengan menerapkan 3M yakni menggunakan masker, mencuci tangan dengan air mengali dan menjaga jarak,” katanya.

Menurutnya, dengan menggunakan masker yang baik dan benar maka 80 persen bisa mencegah penularan Covid-19. Selain itu, dengan mencuci tangan pakai sabun dengan air mengalir atau handsanitizer dapat membunuh virus dan bakteri yang menempel ditangan. Lalu menjaga jarak minimal satu meter bisa mencegah kemungkinan penularan dari orang lain yang terinfeksi.

“Selain itu, masyarakat juga harus Jumawa yakni jujur memberikan informasi kepada petugas kesehatan apabila terjadi gejala gejala terinfeksi Covid-19, mawas diri senantiasa mematuhi protokol kesehatan dan menjaga imun tubuh dengan memakan makanan yang bergizi,” ungkapnya.

Selain sosialisasi 3M, petugas kesehatan juga berkeliling pekon mensosialisasikan ruang isolasi pasien Covid-19 di Kecamatan Wonosobo yang saat ini sudah tersedia di Puskesmas Siringbetik.

Ruangan tersebut diperuntukan merawat pasien Covid 19 dengan kriteria Orang Tanpa Gejala (OTG), baik itu untuk masyarakat Kecamatan Wonosobo maupun dari luar kecamatan.

Disela-sela kegiatan, Edi Fachrurrozi juga sempat membagikan masker kepada sejumlah pengendara yang melintasi jalan lintas pekon Dadirejo.

“Kegiatan sosialisasi dan pembagian masker ini akan kembali dilanjutkan pada Besok (hari ini, red) di Pasar Pangkul,” bebernya. (Uji)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here