Nakes Pustu di Talangpadang Terpapar Covid-19

430
Ilustrasi Net

KOTAAGUNG–Kasus Konfirmasi Positif Covid-19 di Kabupaten Lampung bertambah satu, setelah sebelumnya pegawai RSUD, kini giliran tenaga kesehatan (nakes) yang bertugas di Puskesmas pembantu (Pustu) Talangsepuh Kecamatan Talangpadang.

Juru Bicara Satuan Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Tanggamus dr.Eka Priyanto mengatakan bahwa pasien tersebut merupakan ASN nakes berusia 47 tahun, selanjutnya teregistrasi sebagai pasien 054.

“Adapun riwayat perjalanan pasien, satu minggu sebelumnya pasien melakukan perjalanan ke Bandarlampung,” ujar dr Eka melalui rilis tertulis yang dikirimkan, Jumat sore (23/10).

Dijelaskan Eka, riwayat perjalanan pasien 054 pada tanggal 20 Oktober, Pasien datang ke Puskesmas Talangpadang untuk berkonsultasi, dimana mengeluhkan badan demam disertai dengan anosmia (penciuman menurun) namun tidak disertai batuk atau pilek. Lalu oleh Puskesmas Talangpadang dilakukan tindakan berupa Rapid Tes (RDT), dengan hasil RDT Non-Reaktif. Kemudian kepada pasien disarankan untuk dirujuk ke Dokter Spesialis THT (Telinga Hidung dan Tenggorokan), untuk dilakukan pemeriksaan lanjutan.

“Kemudian pada tanggal 22 Oktober dengan surat rujukan dari Puskesmas Talangpadang ke Dokter THT, karena adanya keluhan anosmia, terhadap pasien disarankan untuk dilakukan swab/PCR oleh Dokter THT, dan pada hari yang sama dari pemeriksaan RT-PCR didapatkan hasil SARS CoV2 Positif,”terang Eka.

Eka melanjutkan, atas dasar hasil pemeriksaan RT-PCR dengan SARS CoV2 Positif dan keluhan pasien berupa anosmia disertai pusing. Terhadap pasien dilakukan isolasi ke Rumah Sakit Umum Daerah Batin Mangunang Kotaagung, untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut sesuai dengan tata laksana kasus Covid-19.

Masih kata Eka, adapun langkah-langkah tindak lanjut yang akan dilakukan, yaitu melakukan tracing terhadap kontak erat pasien, sebanyak 12 orang dan Rapid Tes terhadap seluruh Petugas Puskesmas Talangpadang dan Pustu Talangsepuh.

“Lalu melakukan disinfektan dilingkungan Pasien, yakni di Pustu Talangsepuh dan di Puskesmas Talangpadang serta untuk sementara menutup Pustu Talangsepuh, untuk pelayanan kesehatan dialihkan ke Puskesmas Talangpadang,”ujar Eka.

Atas kondisi tersebut, terus Eka, maka perkembangan Pemantauan Covid 19 Kabupaten Tanggamus sampai dengan Jumat 23 Oktober , konfirmasikan positif 54 orang, selesai isolasi/sembuh 36 orang, dirawat 16 orang dan konfirmasi positif 2 orang.(ral)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here