Satu Pegawai RSUD Terpapar Covid-19

497
Ilustrasi Net

KOTAAGUNG–Kasus terkonfirmasi Covid 19 Kabupaten Tanggamus terus mengalami penambahan. Kali ini bertambah empat kasus sehingga total sekarang menjadi 53 kasus.

Menurut Juru Bicara Satuan Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Tanggamus dr.Eka Priyanto empat penambahan kasus baru tersebut berdasarkan hasil tracing dari pasien asal Pesisir Barat yang merupakan seorang ASN dan memiliki rumah di Griya Abdi Negara, Kecamatan Kotaagung Timur. Selanjutnya pasien tersebut teridentifikasi sebagai pasien 050, 051,052 dan 053, semuanya warga Kecamatan Kotaagung Timur.

“Dari hasil tracing ASN Pesisir Barat didapatkan lima orang kontak erat. Berdasarkan hasil menggunakan metode RT-PCR, terdapat empat orang positif Covid 19,” ujar Eka yang ditemui di Puskesmas Rantau Tijang Kecamatan Pugung saat penyerahan secara simbolis insentif bagi tenaga kesehatan dari Kemenkes RI,”Rabu (21/10).

Dijelaskan Eka bahwa pasien yang terkonfirmasi positif tersebut terdiri dari istri dan dua anak dari ASN Pesisir Barat dan satu rekan dekat yang berprofesi sebagai pegawai di Bagian Rekam Medik di RSUD Batin Mangunang Kotaagung.

“Pasien 050 (ES) seorang perempuan berusia 51 tahun, pasien 051 (ZA) laki-laki usia 16 tahun, pasien 052 (Z) laki-laki usia 16 tahun dan 053 (R) laki-laki usia 38 tahun seorang ASN bagian rekam medik di RSUD Batin Mangunang Kotaagung,” ungkap Eka.

Dilanjutkannya Eka bahwa, keempat pasien tersebut sudah dilakukan isolasi di RSUD Batin Mangunang Kotaagung.”Semua pasien di isolasi di RSUD Batin Mangunang untuk kondisinya masih terpantau sehat karena merupakan orang tanpa gejala (OTG),”terangnya.

Masih kata Eka, bahwa atas penambahan kasus baru ini, selanjutnya dilakukan tracing terhadap orang yang kontak erat dengan pasien 050,051 ,052 dan 053. Lalu terkait apakah nantinya RSUD Batin Mangunang ditutup untuk sementara waktu, Eka mengatakan bahwa itu belum dapat diketahui sebab masih menunggu hasil tracing dari pasien 053 yang merupakan pegawai di RSUD.

“Saat ini kita belum tahu, sebab menunggu hasil tracing kontak erat si pasien 053 yang baru hari ini dilakukan. Harapannya tidak terjadi penambahan,”pungkas Eka.

Sementara Direktur RSUD Batin Mangunang Kotaagung dr.Benson Ginting membenarkan bahwa pasien 053 adalah pegawai RSUDBM Kotaagung,hanya saja yang bersangkutan bukan tenaga kesehatan seperti kabar yang beredar melainkan hanya staf bagian pendaftaran rekam medik.

“Ya,betul R merupakan pegawai RSUD, tapi dia profesinya bukan nakes, melainkan staf bagian pendaftaran diruang rekam medik,” kata Benson.

Dilanjutkan Benson bahwa, R tidak masuk kerja setelah dilakukan Swab setelah kontak erat dengan pasien positif Covid 19 asal Pesisir Barat yang merupakan tetangga dan teman dekat.”Setalah swab test, R langsung isolasi mandiri dan baru semalam hasil swabnya keluar dengan hasil positif, memang agak lama karena sampel dikirim ke Labkesda di Bandar Lampung yang antriannya cukup panjang,”kata dia.

Masih kata Benson, bahwa telah dilakukan tracing terhadap orang yang kontak erat dengan R, khususnya rekan satu ruangan ataupun dengan ruangan yang berdekatan.”Sudah dilakukan tracing, ada 30 pegawai RSUD yang diambil swabnya, selanjutnya sampel dikirim ke Labkesda Provinsi Lampung di Bandar Lampung mudah-mudahan hasilnya negatif”pungkas Benson.(ral)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here