Bupati Ajak Warga Biasakan Cuci Tangan

104

KOTAAGUNG–Bupati Tanggamus Hj Dewi Handajani meminta masyarakat untuk membiasakan mencuci tangan pakai sabun di air mengalir. Hal ini merupakan langkah untuk mencegah penyebaran Covid-19 dan juga mencegah stunting.

Hal itu disampaikan bupati saat menjadi Inspektur apel peringatan hari cuci tangan pakai sabun (HCTPS) sedunia ke-13 tahun 2020 dilapangan Pemkab Tanggamus, Kamis (15/10).

Dalam apel HCTPS Ke-13 yang bertemakan”Putus Rantai Penularan Covid-19 dan Cegah Stunting dengan Cuci Tangan Pakai Sabun dengan Air Mengalir” tersebut, bupati memberikan apresiasi setinggi-tingginya kepada seluruh jajaran tim penggerak PKK Kabupaten Tanggamus serta Dinas Kesehatan (Diskes) yang telah menginisiasi dan menggerakkan acara peringatan hari cuci tangan sedunia tingkat Kabupaten Tanggamus.

“Hari ini tepat tanggal 15 Oktober adalah peringatan HCTPS sedunia, yang merupakan momen penting untuk mengampanyekan perilaku mencuci tangan memakai sabun di air mengalir, karena manfaatnya untuk mencegah penularan Covid 19 dan upaya nyata menurunkan prevalensi stunting sehingga kualitas sumber daya manusia diharapkan dapat meningkat,”kata Dewi Handajani.

Masih menurut Bunda Dewi, momen ini juga sangat tepat sebagai penguat bagi pelaksana surat edaran Bupati Tanggamus tanggal 31 Agustus 2020 lalu, tentang protokol kesehatan dalam rangka pencegahan penyebaran covid 19 dan peraturan bupati Nomor 55 tahun 2020 tentang adaptasi kebiasaan baru menuju masyarakat produktif dan aman covid 19,
yaitu menyuarakan kembali slogan 3M yakni mencuci tangan pakai sabun di air mengalir memakai masker dan menjaga jarak.

“Pandemi covid 19 sampai saat ini belum berakhir dan secara epidemiologi belum diketahui secara pasti kapan akan berakhir hal ini ditandai masih meningkatnya kasus positif covid 19 baik secara nasional dan provinsi. jumlah kasus covid-19 di Kabupaten Tanggamus per tanggal 13 Oktober 2020 berjumlah 39 orang yang terkonfirmasi positif,”ujar bupati.

Bupati berharap dengan diadakannya kegiatan peringatan hari cuci tangan di air mengalir yang digerakkan oleh TP PKK Kabupaten Tanggamus bermitra dengan dinas kesehatan ini dapat menjadi perilaku baru di masyarakat sebagai garda terdepan dalam mencegah penyebaran covid 19 dan mencegah stunting di Kabupaten Tanggamus.

Sementara itu, Ketua TP PKK Hj. Sri Nilawati Syafi’i, menjelaskan peringatan HCTPS ke-13 tahun yang berada pada situasi pandemi Covid-19 diperingati serentak di 20 kecamatan dengan tetap mematuhi protokol kesehatan.

“Ini merupakan respon dan kesungguhan TP-PKK, turut serta menginisiasi dan melaksanakan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat di Kabupaten Tanggamus, sekaligus penguat perilaku Adaptasi kebiasan baru yang tertuang dalam Peraturan Bupati Nomor 55 Tahun 2020 yaitu Memakai Masker, Mencuci Tangan Pakai Sabun dan Menghindari Kerumunan,”jelasnya.

Selain kegiatan tersebut, langkah lain yang dilaksanakan oleh TP-PKK Tanggamus menurutnya ialah memberikan paket sabun antiseptik cuci tangan kepada 690 posyandu yang ada di Kabupaten Tanggamus, atas nama TP PKK ia berharap agar semua lini sektor dapat mengambil bagian menjadi pelopor perubahan perilaku dalam hal CTPS dilingkungannya masing-masing guna terwujudnya masyarakat Tanggamus yang sehat.

“Hari cuci tangan pakai sabun (HCTPS) sedunia selalu kita lakukan di sekolah-sekolah yang bertujuan untuk mengedukasi anak didik agar melakukan lima langkah CTPS, memaksimalkan dokter kecil atau kader kesehatan remaja yang diharapkan menjadi duta CTPSZ, lalu menyampaikan kepada teman keluarga dimanapun mereka berada, menjadi agent of change serta dapat menginspirasi anak lainnya untuk melakukan hal serupa,”tandasnya.

Turut serta dalam kegiatan tersebut, Wakil Bupati Hi. AM. Syafi’i, Forkopimda, Sekdakab Tanggamus Hamid Heriansyah Lubis, Staf Ahli Bupati, Asisten, Inspektur, Kepala OPD, Ketua DWP/GOW Ny. Nuraini Lubis, Danramil Kotaagung, serta, Insan Pers. Disela kegiatan tersebut juga diserahkan secara simbolis berupa sabun Cuci Tangan , Handsanitizer, dan Antiseptik dari Jajaran TP PKK dan Dinas Kesehatan yang diserahkan langsung oleh Bupati Tanggamus.(iqb)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here