Puluhan Makam Tersapu Banjir Bandang

1671
Warga Pekon Sukaraja Kecamatan Semaka saat mengevakuasi makam yang nyaris hanyut ke TPU lain. Foto Uji Mashudi

SEMAKA – Puluhan makam di Pekon Sukaraja, Kecamatan Semaka, Kabupaten Tanggamus, hanyut tersapu banjir bandang, (30/9).

Masyarakat Pekon Sukaraja, Misdi mengatakan, sedikitnya ada sekitar 50 makam yang hanyut terbawa banjir.

“4 baris makam yang hanyut, atau sekitar 50 makam,” kata Misdi, Kamis (1/10).

Sejumlah makam yang nyaris hanyut dilakukan evakuasi pihak keluarga masing-masing dengan dibantu petugas kesehatan setempat.

“Makam yang nyaris hanyut dipindah ke TPU satunya, yang ada di dekat masjid Sukaraja,” ucapnya.

Menurutnya, hanyutnya makam di TPU Sukaraja ini merupakan yang kedua kalinya. Ia menjelakan, pada tahun 1975 lalu, peristiwa serupa terjadi. Puluhan bahkan ratusan makam di TPU Sukaraja hanyut terbawa banjir.

“Dulu tahun 1975 juga makam-makam disini hanyut kebawa banjir. Lalu di timbun ulang dan dijadikan makam lagi. Jadi makam ini sudah tiga tingkat, karena kalau digali lebih dalam ada jasad yang lain,” terangnya.

Sementara itu, Paino, seorang warga yang makam keluarganya hanyut terbawa banjir hanya bisa pasrah dan ikhlas. “Makam ibu saya yang hanyut, sudah nggak bisa di cari lagi, karena susah,” ungkapnya.

Ia berharap agar Pemerintah segera menurunkan alat berat dan membangun bronjong. Kalau kalau dibiarkan tidak menutup kemungkinan jumlah makam yang hanyut akan bertambah banyak.

“Kami berharap pemerintah segera membangun bronjong, untuk mencegah magam agar tidak hanyut. Karena kalau dibiarkan selain mengancam tempat pemakaman, juga bisa mengancam pemukiman penduduk. Sebab, sebagian besar tanggul disini sudah hampir jebol,” pungkasnya. (uji)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here