Positif Covid 19 Bertambah Satu, Hasil Tracing Pasien 033

1175
Ilustrasi Net

KOTAAGUNG–Pasien terkonfirmasi Positif Covid-19 Kabupaten Tanggamus bertambah satu. Penambahan berdasarkan hasil tracing dari pasien 033 di Kecamatan Ulubelu. Dengan bertambahnya satu pasien ini maka total sekarang ada 37 kasus di Tanggamus.

Kepala Dinas Kesehatan Tanggamus, Taufik Hidayat mengatakan pasien 037 tersebut sebelumnya pernah kontak dengan pasien 033. Lalu tim surveilans melakukan tracing terhadap 16 orang kontak erat dengan pasien 033.

“Dari 16 orang itu semua hasilnya sudah keluar tadi pagi, dengan hasil satu orang positif, lainnya negatif,” kata Taufik, Rabu (1/10).

Selanjutnya pasien diidentifikasi dengan nomor 37. Dan status kesehatannya orang tanpa gejala (OTG). Saat ini pasien tersebut dirawat di Puskesmas Ngarip, Kecamatan Ulu Belu.

“Pasien 37 ini tidak ada keluarga di sini, adanya di sini karena pekerjaan proyek jalan di PT Pertamina Ulu Belu. Dan sekarang isolasi di luskesmas rawat inap Ngarip,” sebut Taufik.

Ia menambahkan, dengan hasil sampel swab yang semuanya sudah keluar. Maka kasus Covid-19 yang terkait pasien 33 selesai. Dan beruntung sebab hanya satu yang didapatkan hasil positif dari 16 sampel swab.

Pasien 037 ini adalah rekan kerja dari pasien 033. Dan punya riwayat perjalanan Subang, Jawa Barat. Mereka adalah pekerja yang menggarap proyek jalan dan mitra dari PT Pertamina Geothermal Energy, Ulu Belu.

Sebelumnya pasien 33 adalah karyawan PT Yuritech Putra Perkasa rekanan PT Pertamina Geothermal Energy (PGE), Ulu Belu.

Mulanya pasien pada 7 September 2020 datang dari Jakarta ke Pekon Karang Rejo, Kecamatan Ulu Belu karena menggarap pekerjaan proyek di PT PGE.

Tiga hari kemudian pasien mengeluhkan batuk, pilek yang disertai demam. Kemudian berobat ke mantri yang ada di Kecamatan Sumberejo. Setelah minum obat sakit tidak kunjung sembuh.

Lalu 17 September 2020, pihak medis PT PGE Ulu Belu melakukan pemeriksaan dan merujuk pasien ke RS Mitra Husada, Pringsewu. Lalu dilakukan Rapid Tes (RDT) dengan hasil RDT-Reaktif.

Pada 18 sampai 19 September 2020 dilakukan pemeriksaan swab (PCR) Corona Virus, di Laboratorium
Balai Veteriner Lampung dengan hasil SARS-Cov-2 positif.

Dibagian lain, Kepala UPT Puskesmas Talangpadang dr. Eka Priyanto menyampaikan pihaknya telah melakukan tracing bagi yang kontak erat dengan pasien 036 berinisial Y, yang merupakan pedagang di Kecamatan Talangpadang. Lalu langkah lainnya juga telah dilakukan pemeriksaan PCR terhadap delapan orang yang kontak erat terdiri dari suami pasien, kemudian anak berjumlah dua orang, lalu menantu, kemudian yang bekerja dirumah pasien serta karyawan tiga orang.

“Swab dilakukan sebanyak dua kali, hari ini dan besok, sehingga hasilnya belum dapat diketahui, terhadap orang yang kontak erat dengan pasien 036 ini. Lalu kemudian pada hari Jumat nanti juga akan diadakan rapid test massal bagi pedagang pasar Talangpadang,”ujarnya.

Dalam kesempatan tersebut juga Eka Priyanto yang juga merupakan juru bicara Gugus tugas percepatan penanganan Covid-19 Kabupaten Tanggamus terus mengajak kepada seluruh masyarakat Di Kabupaten Tanggamus untuk terus menerapkan protokol kesehatan, seperti menjaga jarak, memakai masker, mencuci tangan dan menghindari kerumunan.

“Sekali lagi dengan menerapkan protokol kesehatan adalah langkah terbaik yang bisa kita lakukan dalam upaya memutus mata rantai penyebaran covid19 ini, dan kami sangat berharap masyarakat dapat mematuhinya agar kita semua terhindar dari virus covid-19 ini,”tandasnya.(iqb)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here