Semaka Kembali Dilanda Banjir Bandang, Akses Jalibar Lumpuh

1040

SEMAKA–Wilayah Kecamatan Semaka kembali dilanda banjir bandang, Rabu (30/9) malam. Tidak hanya air, material longsor juga menutup badan jalan sehingga menyebabkan akses Jalinbar Semaka- Pesisir Barat sementara lumpuh.

Air mulai menggenangi pemukiman dan Jalinbar sejak pukul19.15 WIB dan hingga pukul 21.00 WIB, kondisi di lokasi banjir masih diguyur hujan sangat deras. Listrik di wilayah tersebut juga padam sesaat setelah banjir datang.

Menurut keterangan dari Komandan Koramil Wonosobo Kapten Inf Adi Hartono penyebab banjir lantaran jebolnya tanggul penahan air sungai akibat hujan deras dari sore sampai malam sehingga tidak sanggup menampung volume air serta banyaknya material sampah,kayu,batu dan tanah yang menghambat aliran air sehingga air meluap ke jalan raya dan perkampungan.

“Akibatnya rumah-rumah milik warga terendam dengan ketinggian bervariasi antara 30 cm sampai dengan 60 cm, banjir juga menyebabkan tertutupnya akses jalan lintas barat yang menghubungkan Kabupaten Tanggamus menuju Kabupaten Pesisir Barat,”kata Adi Hartono mewakili Dandim 0424 Tanggamus Letkol Inf Arman Aris Sallo.

Masih kata Adi Hartono bahwa ada enam Pekon yang terdampak banjir yakni, Pekon Sedayu, Waykerap, Sukaraja, Kacapura ,Bangun Rejo dan Kanoman. Lalu titik longsor terdapat tiga titik, dua di Waykerap dan satu titik di Pekon Sedayu. Lalu pohon roboh ada dua titik di Pardawaras dan Waykerap.

“Tidak ada korban jiwa dalam banjir tersebut, untuk kerusakan masih dalam pendataan, sampai dengan saat ini belum bisa dipastikan jumlah kerugian warga terdampak banjir dan longsor dikarenakan kondisi malam hari, wilayah terdampak yang sangat luas, akses jalan yang sulit dilewati dan akses komunikasi yang kurang mendukung,”ungkap Adi Hartono.

Masih kata Danramil bahwa tim gabungan yang terdiri dari BPBD, Basarnas, TNI,Polri, Tagana dan Dishub suda membantu mengevakuasi masyarakat ke lokasi aman. Petugas juga melakukan pengalihan arus lalu lintas jalan lintas barat dialihkan melewati jalur alternatif yaitu melalui Simpang Pekon Sukaraja sampai ke Pekon Sedayu.

“Pak sekda Hamid H. Lubis dan pak Dandim sudah berada di lokasi banjir dan memberikan bantuan sembako kepada warga terdampak banjir. Ada 130 paket sembako yang diberikan kepada warga Waykerap,” pungkas Adi.(ral)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here