Dilanda Pandemi Covid-19, Pekon Tugurejo Tetap Wujudkan Pembangunan di Segala Bidang

199

SEMAKA – Pemerintah Pekon Tugurejo, Kecamatan Semaka, Kabupaten Tanggamus, berkomitmen untuk terus berupaya meningkatkan aspek pemerataan pembangunan di segala bidang.

Seiring dengan dikucurkanya Dana Desa (DD) dari pemerintah pusat, komitmen itu secara perlahan terwujud. Pada tahun ini Pekon Tugurejo mendapat kucuran DD sebesar Rp845.546.000.

Dana tersebut dimanfaatkan untuk merealisasikan program pembangunan di berbagai bidang. Diantaranya, program pembangunan infrastruktur seperti pengurukan jalan di RT 03 sepanjang 148 Meter, pembangunan TPT sepanjang 64 meter di RT 01 dan pembangunan drainase sepanjang 63 meter di RT 01.

Selain untuk infrastruktur, Dana Desa Pekon Tugurejo juga dimanfaatkan untuk pengadaan ambulans pekon guna meningkatkan pelayanan kesehatan masyarakat.

Kemudian untuk bantuan insentif Guru ngaji, kaum dan juru kunci makam sebesar Rp 2.700.000 selama 6 bulan yang sudah direalisasikan; kegiatan Adat dan budaya (Suroan) sebesar Rp12.450.000; Bantuan Pengadaan sarana prasarana kesenian sebesar Rp10.400.000; Penyelenggaraan Pos kesehatan ( insentif kader, dan lain-lain) sebesar Rp18.000.000; Peningkatan Pengadaan sarana prasarana (rehab tarub & penambahan tarub, dan lain.-lain) sebesar Rp20.530.000 ; Penyelenggaraan informasi publik (pengadaan barang dan jasa) sebesar Rp54.300.000

Selanjutnya, pembuatan dan jaringan instalasi komunikasi (website, sarana lainya, dan lain-lain) sebesar Rp. 28.358.000; Kegiatan penanggulangan bencana sebesar Rp.72.000.000; Penanganan keadaan mendesak (BLT DDS) sebabyak 90 KK sebesar Rp 243.000.000; pencegahan stunting (makanan tambahan/ susu bagi ibu hamil, dan balita) sebesar Rp21.875.000.

Pj Kepala Pekon Tugurejo (Supoyo)

Pj Kepala Pekon Tugurejo Supoyo mengatakan, pembangunan diberbagai bidang yang dilaksanakan di tengah pandemi Covid-19 memang menjadi tantangan yang cukup sulit bagi pemerintah pekon. Sebab, pemerintah pekon harus benar-benar selektif dalam melaksanakan pembangunan yang mendesak dan dibutuhkan masyarakat.

“Dan Alhamdulillah tantangan itu secara perlahan bisa terlewati. Seluruh program pembangunan sudah kita realisasikan dengan menggunakan DD Tahap I dan II. Tinggal program pengurukan jalan yang akan segera dilakukan dalam waktu dekat menggunakan DD Tahap II. Dan pembangunan/peningkatan sambungan air bersih ke rumah tangga, kemudian pembangunan drainase dan TPT akan direalisasikan dengan menggunakan DD Tahap III. Lalu nanti ada ada dana sharing dari dana desa sebesar Rp35.500.000, karena kita tahun ini dapat program PAMSIMAS,” kata Pj Kepala Pekon Tugurejo Supoyo didampingi Sekretaris Pekon Alfiandri, Selasa (29/9).

Selain itu, pemerintah Pekon Tugurejo juga memfokuskan penggunaan DD untuk menanggulangi Covid-19. Selain melakukan penyemprotan disinfektan secara rutin di lingkungan setempat serta memberikan bantuan langsung tunai kepada masyarakat yang terdampak Covid-19, Pemerintah Pekon Tugurejo juga telah membagikan ribuan masker kepada masyarakat.

“Sudah ada sekitar 1.100 masker yang kita bagikan ke masyarakat. Harapan kita dengan adanya segala upaya ini, masyarakat Pekon Tugurejo aman dari penularan virus corona. Dan kita juga selalu berdoa semoga wabah ini segera mereda,” ungkap Supoyo. (Adv)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here