Karya Bakti Pembukaan Badan Jalan TPA Dimulai

174

PUGUNG–Kegiatan karya Bhakti Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) Imbangan yakni pembukaan badan jalan menuju tempat pembuangan akhir (TPA) sampah di Pekon Pungkut dimulai.

Kegiatan dibuka dan dihadiri oleh Asisten Bidang Ekonomi dan Pembangunan, Sukisno mewakili Bupati Tanggamus Hj. Dewi Handajani, Danramil Pagelaran Kapten Inf, P. Rahmat mewakili Dandim 0424 Tanggamus Letkol Inf. Arman Aris Sallo, Kapolsek Pugung Ipda Okta Devi, kepala OPD, Camat Pugung Hardasyah, Kepala BNNK Tanggamus Kolbidi, Ketua APDESI Pugung Harmadi, serta Paguyuban Sosial Marga Tionghoa Indonesia (PSMTI).

Sukisno mengatakan kendati dimasa tanggap darurat pandemi Covid-19 yang telah berdampak pada perekonomian masyarakat namun Kodim 0424 Tanggamus bersama Pemkab Tanggamus
tetap harus melaksanakan kegiatan Karya Bakti TNI bersama rakyat secara terpadu untuk mencapai kesejahteraan masyarakat.

“Selama kegiatan Karya Bakti dilaksanakan tetap menerapkan protokol kesehatan dalam mencegah penularan Covid-19. Sasaran Kegiatan Karya Bakti yang dilaksanakan meliputi bidang fisik dan non fisik,”kata Sukisno.

Ia menerangkan, sasaran fisik dalam kegiatan karya bhakti kali ini bertujuan untuk meningkatkan sarana dan prasarana wilayah, fasilitas sosial dan fasilitas umum, serta meningkatkan sarana prasarana produksi perkebunan untuk memudahkan akses jalan dalam rangka ketahanan pangan, sementara bidang non fisik ialah terwujudnya, pemahaman tentang bela negara, pemahaman tentang wawasan kebangsaan, kemanunggalan antara TNI dengan rakyat terwujudnya pemahaman tentang bahaya narkoba, pemahaman tentang bahaya penyebaran COVID 19, meningkatkan disiplin protokol kesehatan dalam pencegahan COVID-19, pemahaman tentang kesehatan,
meningkatkan pengetahuan dalam Bidang pertanian dan perkebunan, lalu meningkatkan iman dan taqwa dan terpeliharanya kerukunan antar umat beragama.

“Sasaran fisik yang dilaksanakan yaitu:
pembangunan pembukaan badan jalan sepanjang kurang lebih 825 meter dengan lebar 5 meter, pengerasan badan jalan dengan onderlagh sepanjang kurang lebih 825 Meter dengan lebar 3 Meter, Pembangunan Gorong gorong, pembuatan Plat Deker serta talut, Sedangkan kegiatan non fisik yang didukung oleh OPD teknis ialah Pelayanan Administrasi dan Kependudukan, Pelayanan Kesehatan/ Pengobatan gratis, Sunatan Masal dan Pelayanan KB, Bantuan Pangan/Buffer stock, bantuan ATK dan tas sekolah dan air minum mineral,”terangnya.

Sementara itu, Dandim 0424 Letkol Inf. Arman Aris Sallo melalui Danramil Pagelaran Kapten Rahmat menyampaikan kegiatan karya bakti pembukaan badan jalan akan dimulai hari ini hingga sebulan kedepan, personel yang akan dilibatkan dalam kegiatan berjumlah sekitar 100 orang yang terbagi dalam dua kelompok yakni tukang dan kelompok pembantu tukang.

“Tahapan pertama yang akan kita laksanakan ialah pembukaan badan, setelah itu pemasangan talut, karena aksesnya melintasi persawahan sehingga perlu dibangun talut, kiri dan kanan dengan panjang kurang lebih 90 meter, tentunya dalam pelaksanaan ini kita mohon dukungan dari warga masyarakat, dan Pemda sebagai konsultan agar pembangunan ini sesuai dengan apa yang diharapkan,”terangnya.

Lebih lanjut, dijelaskan bahwa hingga sampai saat ini tidak ada kendala dalam artian warga keberatan jika akan dibangun TPA, terlebih akses yang dilintasi melalui kediaman warga, justru sebaliknya warga dengan sukarela menghibahkan tanahnya untuk dijadikan akses jalan sehingga nantinya ruas jalan yang akan dilalui seluas tiga lima meter.

“Warga justru mengharapkan, pembangunan ini cepat selesai karena jalan ini nantinya digunakan sebagai jalan produksi, menuju perkebunan, tahapan jalan yang akan dibangun nanti onderlagh dan harapannya nanti ada pembangunan lanjutan baik itu dari Pemkab maupun provinsi,”tandasnya.

Usai kegiatan pembukaan, asisten bidang Ekonomi dan Pembangunan didampingi Danramil, Pasiter, Kepala OPD serta camat meninjau langsung titik nol pembangunan akses jalan yang akan menuju TPA Pungkut. (iqb)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here