Cegah Longsor, Dinding Tebing Batu Keramat Perlu Di Talud

59

KOTAAGUNG- Sebagian besar dinding perbukitan yang berada disisi Jalan Lintas Barat (Jalinbar) Pekon Batu Keramat, Kecamatan Kotaagungtimur, Tanggamus belum dibangun talud penahan secara permanen, akibatnya tiap hujan turun longsor mengancam pengguna jalan.

Wakil Ketua III DPRD Kabupaten Tanggamus, Kurnain kepada Koran ini membenarkan jika perbukitan disisi Jalinbar kerap longsor, dan terjadi setiap hujan turun. Bahkan beberapa waktu lalu longsor sempat menutup badan jalan.”Baru-baru ini longsor juga, bahkan meterial sempat menutup badan jalan, dan melumpuhkan lalu lintas,”katanya.

Ia mengaku, tidaknya hanya dinding perbukitan yang sebagian besar belum dibangun talud. Namun ada beberapa saluran drainase dibagian atas butuh perbaikan.” Masih banyak sarana di Pekon Batu Keramat yang belum dibangun, yang sudah adapun mulai rusak dan butuh perbaikan, seperti saluran Drainase persis pinggir Jalinbar,” jelasnya.

Menurutnya, saat ini tanggamus sedang memasuki musim hujan beserta angin kencang, sehingg bagi pengendara baik roda empat maupun roda dua ketika melintas di jalan yang dimaksud agar lebih waspada, karena longsor kapan saya bisa terjadi.”Intinya kalau melintas diwilayah batu keramat harus waspada,”jelasnya.

Kurnain menambahkan, dengan adanya keluhan dan harapan ini, kedepan akan memperjuangkan supaya drainase yang rusak di perbaiki dan dinding bukit yang belum dibangun juga di prioritasin, dengan cara berkoordinasi dengan Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).”Jika mengandalkan dari APBD murni tidak mungkin. Mungkin dari APBD Perubaian,” ujarnya.

Ia berharap, sebagai putra asli Tanggamus berjanji setiap keluhan akan di tindak lanjuti. Tak terkecuali yang di Batu Keramat. Sebab, yang menjadi prioritas adalah lokasi yang memang sangat dibutuhkan warga, dan dampak utama terhadap jiwa masyarakat.” Inikan sangat dibutuhkan, sehingga butuh penangan yang cepat, sebelum tumpukan tanah di bukit longsor,” pungkasnya. (Zep)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here