Majukan Pendidikan, Disdik Ajak Peran Orang Tua

122

KOTAAGUNG- Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Tanggamus menyatakan keterlibatan orang tua dalam penyelenggaraan pendidikan di Bumi Begawi Jejama ini sangat diperlukan.

Menurut Kepala Disdik Tanggamus, orang tua tidak seuntuhnya menyerahkan anak didiknya ke pihak sekolah, mengingat jam belajar siswa terbatas. “Kita berharap dan terus mendorong upaya keterlibatan orangtua dalam penyelenggaraan pendidikan yang dimulai dari pendidikan anak usia dini sampai SMA. Ini sangat kita harapkan,” kata Kepala Disdik Tanggamus, Aswin Dasmi.

Dilanjutkan Dasmi bahwa harapan ini sesuai dengan kebijakan terkini bahwa dalam pelaksanaan pendidikan sekarang adalah mengikutsertakan orangtua dan masyarakat dalam penyelenggaraan pendidikan, sehingga program pemerintah dalam mencetak generasi emas bisa tergapai.

“Mari kita sama-sama mendukung program
pemerintah agar yang kita harapkan bisa tercapai. Apalagi jam siswa dirumah lebih banyak ketimbang di sekiolah,”ujarnya.

Mantan Kadisnaker Tanggamus ini melanjutkan, peran serta orang tua dalam mendukung pendidikan itu baik dalam pendidikan tingkat formal maupun informal serta pendidikan nonformal. Harapan itu agar orangtua supaya terus terlibat.”Bicara masalah pendidikan semua harus terlibat, terutama orang tua siswa,”terangnya.

Orangtua, lanjutnya, tidak bisa lagi hanya menyerahkan pendidikan anak sepenuhnya kepada sekolah. Terlebih untuk anak yang berada pada usia dini, karena anak usia dini butuh support dan dukungan dari orang tuanya sendiri.”Hubungan anak dengan orang tua harus akrab jadi orangtua melibatkan diri dalam rangka proses, memberikan dukungan, memberikan dorongan kepada anak bahwa betapa pentinglah pendidikan,” tutur Dasmi.

Kemudian orang tua dalam melakukan pendampingan dirumah juga diperlukan. Tanya kemudian jelaskan ke anak-anaknya tentang pelajaran yang diberikan oleh pihak guru.”Berikan pemahaman kepada mereka tentang pelajaran di sekolah. Kemudian jelaskan, mudah-mudahan dengan cara itu maka akan cepat anak-anak dalam menyerap pendidikannya,”tutup Dasmi. (Zep)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here