Tinjau Banjir Semaka, Komisi III Apresiasi Langkah Cepat Pemkab Tanggamus

328
Komisi III DPRD Tanggamus meninjau Masjid Baitul Rahman Pekon Way Kerap Kecamatan Semaka yang porak-poranda akibat diterjang banjir badang Selasa malam kemarin. Foto Rio Aldipo

SEMAKA–Komisi III DPRD Tanggamus mengunjungi pekon terdampak banjir di Kecamatan Semaka, Jumat siang (7/8).Tinjauan tersebut dipimpin langsung Ketua Komisi III Iskandar Juned, bersama Sekretaris Hilman dan Anggota Edi Yalismi, Hendrawan Adam serta Azmi.

Dalam kunjungan tersebut, wakil rakyat melihat dari dekat rumah korban bencana banjir yang cukup parah yakni di Pekon Way Kerap, lalu meninjau masjid Baitul Rahman yang porak poranda akibat diterjang banjir badang. Usai meninjau rumah dan masjid terdampak, rombongan Komisi III melanjutkan meninjau Posko Tanggap Bencana dan Dapur umum yang di pusatkan di Kantor Kecamatan Semaka. Rombongan disambut Kepala Bidang Kedaruratan BPBD Tanggamus Mansyurin dan Kepala Bidang Rehabilitasi dan Rekontruksi Edi Nugroho. Dalam kesempatan tersebut Komisi III juga menyerahkan bantuan berupa 20 dus mie instan dan biskuit, bantuan diserahkan langsung kepada warga terdampak.

Komisi III DPRD Tanggamus menyerahkan bantuan kepada warga terdampak banjir di Pekon Way Kerap Kecamatan Semaka. Foto Rio Aldipo

Ketua Komisi III Iskandar Juned kepada wartawan memberikan apresiasinya atas gerak cepat Pemkab Tanggamus beserta Instansi terkait dalam menangani bencana banjir bandang di Kecamatan Semaka.

“Ya, kami apresiasi atas kecepatan pemerintah daerah bersama unsur TNI/Polri dan relawan dalam menangani musibah banjir ini dimana saat malam kejadian langsung turun guna membantu masyarakat,” kata Iskandar Juned.

Sementara Sekretaris Komisi III, Hilman mengatakan bahwa bencana banjir lantaran kondisi cuaca yang kurang bersahabat. Ia juga menyarankan agar pemukiman penduduk yang posisinya dekat dengan bukit agar direlokasi ketempat lebih aman.”Kalau kita lihat kondisi bukit masih hijau tidak gundul, namun tidak bisa kita pungkiri kondisi alam tidak bisa diprediksi, saran saya agar masyarakat lebih waspada lagi dan jika perlu tempat tinggalnya pindah menjauh dari bukit untuk menghindari longsor yang terjadi seperti sekarang,” kata Hilman.

Politisi Partai Gerinda ini juga meminta peran aktif lembaga maupun organisasi lain dalam membantu masyarakat Semaka khususnya Way Kerap yang paling Parah terdampak bencana.” Lembaga dan organisasi lain harus juga turut membantu saudara kita di Semaka, mari kita bergotong-royong meringankan beban saudara kita,”pungkasnya.(ral)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here