Tempat Wisata Tanggamus “Diserbu” Pengunjung

171
Tempat wisata di Kabupaten Tanggamus ramai dikunjungi wisatawan baik lokal maupun dari luar Tanggamus salah satunya , Bukit Idaman Gisting. Disini pengunjung bisa menikmati pemandangan gunung Tanggamus dengan suasana udara sejuk. Foto Rio

KOTAAGUNG—Libur Idul Adha 1441 Hijriyah sejumlah tempat wisata di Kabupaten Tanggamus diserbu pengunjung. Tempat wisata itu adalah Taman Wisata Muara Indah, Air Terjun Way Lalalaan dan Bukit Idaman Gisting.Pengunjung mulai berdatangan terhitung Jumat sore (31/7) dan puncaknya Minggu (2/8).

Menurut Selfi petugas tiket di Taman Wisata Muara Indah, pengunjung datang setelah salat Jumat atau siang hari. “Ini ramainya siang, pagi tidak ada yang datang, karena masih di rumah karena kurban,” kata Selfi.

Untuk masuk ke Taman Wisata Muara Indah, pengunjung dikenakan tarif Rp 5 ribu per orang dan parkir antara Rp 2.000 untuk motor dan Rp 10 ribu untuk mobil. Di tempat ini pengunjung bisa menikmati pemandangan laut perairan Teluk Semaka dan kapal-kapal yang berlayar.

Tempat lainnya, yakni Air Terjun Way Lalaan, pengunjung juga tidak begitu ramai karena libur Idul Adha bertepatan di hari Jumat. “Kalau pengunjung sekitar 300 orang dewasa, lainnya anak-anak. Kalau anak tidak dihitung karena tidak bayar juga untuk anak-anak. Ini juga ramainya waktu siangnya,” kata Mery.

Untuk masuk ke tempat ini pengunjung dikenakan tarif Rp 10 ribu, ditambah parkir untuk sepeda motor Rp 5 ribu dan parkir mobil Rp 10 ribu. Di tempat ini pengunjung menikmati air terjun Way Lalaan dan mandi di aliran sungai jatuhan airnya.

Sedangkan ditempat wisata Bukit Idaman Gisting yang sekarang sedang naik daun, pengunjung mencapai ribuan. Menurut Ipar, salah satu pengelola, pengunjung cukup ramai sejak pagi hari dan terus datang saat siang menjelang sore.”Kalau seribuan pengunjung ada datang gantian dari pagi sampai sore tidak berhenti,” kata Ipar.

Ia mengaku, pengunjung berasal dari dalam Tanggamus dan daerah lain. Sebab bisa dikatakan libur Idul Adha kali ini adalah libur hari besar yang dibolehkan untuk berwisata.

Untuk masuk ke tempat ini pengunjung dikenakan tarif Rp 10 ribu lalu ditambah parkir kendaraan dan mendapatkan penukaran tiket satu gelas kopi.Pengunjung bisa nikmati pemandangan Gunung Tanggamus, serta pemandangan perbukitan sekelilingnya, dan embusan angin yang sejuk.

Terpisah, Kepala Dinas Pariwisata, Kebudayaan Pemuda dan Olahraga (Disparbudpora) Tanggamus Hj Retno Noviana membernarkan bahwa tempat pariwisata Tanggamus ramai dikunjungi wisatawan, baik dari dalam maupun luar Tanggamus.” Untuk yang dikelola pemkab, Alhamdulillah ramai, hari Minggu ini yang merupakan puncaknya, di Air Terjun Waylalaan sebanyak 750 pengunjung dan Taman Wisata Muara Indah 750 pengunjung ,” ujar Retno.(ral)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here