Hasil Swab Empat Rekan 03, Negatif Covid 19

151
Ilustrasi Net

KOTAAGUNG—Dinas Kesehatan (Diskes) Tanggamus menyatakan hasil swab test atau PCR empat orang rekan dekat pasien 03 negatif Covid 19.

Menurut Kasi Surveilans dan Imunisasi Bambang Sutejo mewakili Kadiskes Taufik Hidayat, hal itu hasil pemeriksaan PCR terhadap orang-orang dekat dengan pasien 03.

“Hasil pemeriksaan PCR dari orang-orang yang dekat dengan 03 semuanya negatif Covid-19. Semula mereka itu lima orang, satu orang suspek dan akhirnya kami tracing rekan-rekan terdekatnya,” kata Bambang.

Ia mengaku, keempat rekan dan pasien 03 adalah calon anak buah kapal yang akan bekerja di kapal yang disewa PT Pertamina. Sebelum naik kapal kelimanya dirapid tes dan hasilnya satu reaktif, sampai akhirnya positif Covid-19.

Kini pasien 03 menjalani isolasi di RSUD Batin Mangunang, Kota Agung. Dan sudah diambil swab pertama untuk masa perawatan. Dan nanti berlanjut ke swab kedua. Sebab selama perawatan minimal dua kali diambil sampel swab.

Selama ini pasien 03 Tanggamus sudah jalani perawatan selama enam hari, terhitung sejak Rabu (23/7) lalu. Maka maksimal dua hari ke depan diambil swab kedua sebagai penentuan sembuh tidaknya hasil perawatan selama ini.

“Kalau dari dua kali swab semuanya negatif nanti bisa dinyatakan sembuh. Kalau selama ini tidak ada keluhan seperti batuk atau pilek. Tapi nanti harus isolasi mandiri dulu sampai 14 hari,” urai Bambang.

Ia mengaku, selain keempat orang rekan dari pasien 03, ada juga 33 orang yang dilakukan rapid tes. Mereka adalah hasil tracing bagi orang-orang di sekitar tempat tinggal sementara bagi lima orang itu, dan orang yang kerja memenuhi kebutuhan mereka.

“Dari 33 orang itu ada dua reaktif hasil rapid tes. Ini juga kami lanjutkan untuk proses pengambilan sampel swab. Semoga saja hasilnya tidak Covid-19,” terang Bambang.

Ia mengaku, untuk hasil tes PCR bagi keduanya mungkin butuh beberapa hari karena untuk pelayanan PCR di RSUD Pringsewu juga butuh waktu.

Bambang menjelaskan bahwa pasien 03 cukup dirawat di RSUD Batin Mangunang karena sarana pengobatan sudah tersedia. Berbeda dengan pasien 02 dulu yang harus dirujuk ke RSUD Bandar Negara Husada, Jati Agung.

“Untuk pasien yang tanpa keluhan berat sekarang cukup dirawat di sini saja, tidak perlu dirujuk,” pungkas Bambang.(ral)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here