Sudah 169 Pekon Cairkan BLT DD

102
Pekon Tulungasahan, Kecamatan Semaka, menyalurkan kartu BLT DD kepada warga.

KOTAAGUNG—Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Kabupaten Tanggamus menyatakan saat ini bantuan langsung tunai (BLT) dari Dana Desa (DD) sudah dicairkan bagi 169 pekon se Tanggamus.

Menurut Kepala Bidang Pembangunan dan Pemberdayaan Masyatakat Pekon Syaifuddin Sarif mewakili Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Kabupaten Tanggamus Idham Khalid, pihak BRI telah selesai mencetak buku rekening dan sebagian ATM untuk penyaluran BLT.

“Pencairan memang bertahap menunggu sampai BRI selesai menerbitkan buku rekening dan ATM. Sebab pencarian BLT dari Dana Desa masih dipertahankan pola cash less atau lewat rekening,” ujar Syaifuddin, Minggu (28/6).

Dilanjutkan Syaifuddin, dari seluruhnya ada pekon yang baru diberikan buku rekening saja dan ada pula yang buku rekening sekaligus ATM-nya . Hal itu didasari daru kemampuan BRI membuat kartu ATM. “Sekarang ini BRI memang terus menyelesaikan buku rekening dan ATM, dan hasilnya naik BLT yang bisa dicairkan naik drastis. Awal pekan ada 72 sekarang jadi 169 pekon,” terangnya.

Dari 169 pekon tersebut, jumlah penerima BLT sebanyak 22.129 keluarga penerima manfaat (KPM). Mereka menerima BLT Rp 600 ribu per KPM untuk selama tiga bulan, yakni April, Mei, Juni.

Untuk diketahui, BLT DD adalah instruksi dari Kementerian Desa dan Pembangunan Daerah Tertinggal (Kemendes PDT) untuk membantu masyarakat akibat dampak pandemi Covid-19. Penerima BLT adalah warga yang tidak terima bantuan PKH, program sembako, dan Bantuan Sosial Masyarakat (BSM) dari Kementerian Sosial (Kemensos) RI. (ral)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here